Beranda Jabar Wow, Anggaran Pembangunan Pelabuhan Patimban Tahap I Mencapai 9 Triliun

Wow, Anggaran Pembangunan Pelabuhan Patimban Tahap I Mencapai 9 Triliun

187
0

Penulis : Erlan

SUBANG, Jabarkini.net – Mega Proyek Pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban Subang Jabar sekalipun masih terkendala pembebasan lahan, namun saat ini proses pengerjaan pembangunan tahap 1 terus berlangsung.

Adapun total anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan Tahap Pertama Pelabuhan Internasional di Subang mencapai Rp.9 Triliun.

Pejabat Pembuat Komitmen Aditya Karya menuturkan pekerjaan yang saat ini tengah berlangsung adalah konstruksi terminal container dan car terminal, pengerukan kolam putar dan alur pelayaran, reklamasi dengan metode cement deep mixing (CDM), konstruksi breakwater, seawall, serta peralatan sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP).

Dikatakan Aditya Karya, Pembangunan yang didanai melalui Official Development Assistance (ODA Loan) Pemerintah Jepang itu akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

“Tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan akan dapat melayani 3,5 juta TEUs peti kemas dan 600.000 kendaraan bermotor (CBU). Pada Tahap kedua, kapasitas pelayanan akan meningkat menjadi 5,5 juta TEUs dan pada tahap ketiga akan meningkat kembali hingga 7,5 juta TEUs”Kata Aditya Karya.

Menurut Aditya Karya, Pelabuhan Patimban merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dibangun di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Rencananya akan mulai beroperasi diakhir 2019

“Kemenhub sudah mengumumkan Pelabuhan Patimban, akan dioperasikan secara terbatas (soft opening) akhir 2019, khususnya terminal kendaraan (car terminal).”katanya

Namun rencana tersebut tergantung beres tidaknya pembebasan lahan.”Karena hingga akhir Januari 2019 kita masih terkendala pembebasan lahan yang belum beres, akibat harga tanah terus tinggi hingga pemilik lahan mempertahankan lahannya yang akan dijadikan proyek pembangunan Pelabuhan”pungkasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here