Beranda Jabar Warga Lokal Blokir Akses Jalan Loji

Warga Lokal Blokir Akses Jalan Loji

153
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Akses jalan Loji – Karawang diblokir warga Desa Wanajaya,  Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang,  warga turun ke jalan memberhentikan kendaraan yang melintasi lokasi.

Seratusan warga memblokir jalan karena pihak PT Lico Wings yang memproduksi es cream dianggap ingkar janji dalam perekrutan tenaga kerja lokal. Pihak Perusahaa. es tidak menampung 70 persen karyawan yang merupakan hak warga lokal setempat.

Koordinator aksi, Yudistira mengatakan sebelumnya sudah ada perjanjian agreement tenaga kerja dimana perusahaan tersebut akan menyerap 70 persen tenaga kerja berasal dari masyarakat setempat dari total karyawan yang akan direkrut PT Lico Wings tersebut.Namun dalam realisasinya hanya 30 persen yang diterima.

“Aksi ini merupakan akimulasi kekecewaan warga sekitar lingkungan perusahaan yang ingkar janji dalam perkerutan tenaga kerja lokal, ” kata Yudistira, Rabu (19/12) pada saat aksi berlangsung.

Dia menjelaskan perekrutan karyawan tahap pertama sudah berjalan dan beberapa persen direkrut orang lokal. Kemudian, tahap kedua,dan ketiga warga lokal hanya be erapa orang yang direkrut ,itupun sebagai tenaga kontrak.

“Warga lokal oleh manajemen es Cream direkrut sebagai tenaga outsourcing,” jelasnya.

Di sinilah awal munculnya kemarahan warga. Warga pun tidak mau outsourcing tapi maunya karyawan permanen . Kemudian muncullah kemarahan warga dan belum menemukan solusi. Akhirnya masyarakat mengambil inisiatif dengan melakukan aksi blokir jalan dan dipintu masuk pabrik.

“Aksi ini akan terus dilakukan sebelum tuntutan warga lokal dipenuhi, ” tandasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here