Beranda Jabar Warga Harus Menepuh Jarak 7 Kilometer Demi Air Bersih

Warga Harus Menepuh Jarak 7 Kilometer Demi Air Bersih

217
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, jabarkini.net – Kekeringan cukup parah dirasakan warga di pinggiran kawasan industri di Karawang, warga Tanjakan Pacul , Dusun Cidampa II, Desa Kutanagara, dan Dusun Cibenda, Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, terpaksa harus berjuang ekstra keras untuk sekedar mencari air bersih demi kebutuhan Mandi Cuci dan Kakus.

Kendati sudah ada bantuan air bersih dari Badan Penanggunalangan Bencara Daerah Karawang, atupun dari yang peduli bencana kekeringan, namun warga terpaksa untuk memenuhi kebutuhan air untuk mandi dan mencuci harus menempuh dengan jarak 7 kilometer.

Salah satu warga, Karna (34) mengatakan sebenarnya kondisi debit air sumur warga sudah mengering cukup. lama sekitar lima bulanan, kalau bantuan air bersih dalam sehari tidak ada maka warga terpaksa mencari sumber air dengan jarak tempuh sekitar 7 kilometer.

“Bencana kekeringan sudah dirasakan sejak lima bulan lalu, warga sekitar hutan terpaksa harus turun gunung mencari sumber air sejauh 7 kilometer, untuk kebutuhan sehari-hari,”

Dengan demikian , tidak jarang beberapa warga nekat mencari air diluar dusun atau desa yang kondisi airnya masih cukup.Untuk mengambil air diluar dusun atau desa biasanya menggunakan sepeda motor untuk mengangkut dua jeriken yang nantinya diisi air.Karena pasokan dari BPBD tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Mengambil air turun ke luar desa menggunakan sepeda motor untuk mengangkut dua jeriken yang telah diisi air,”kata Ketua RW 06 Dusun Cidampa II Desa Kutanagara.

Sementara menurut Sekretaris BPBD Karawang, Supriatna mengatakan sekitar 20 ribuan lebih di 15 desa di tiga Kecamtan masih kesulitan air bersih, dampak kemarau panjang yang melanda wilayah Karawang.

“Selama kurun waktu mulai Juni hingga Oktober masih terus melakukan pendistribusian air bersih ke desa-desa yang mengalami kekeringan,”katanya.

Selain BPBD Karawang, kata Supriatna, ada juga pihak lain yang mendistribusikan air bersih ke wailayah kekeringan seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum, pihak kepolisian dan Pihak Swasta.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here