Beranda Jabar TNI AD Kerahkan 210 Personil di Posko Tanjungpakis

TNI AD Kerahkan 210 Personil di Posko Tanjungpakis

159
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, jabarkini.net – TNI mengerahkan tim untuk membantu proses evakuasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Sebanyak 210 personel dikerahkan selama proses evakuasi berlangsung sejak pertama hingga hari ke -9 pencarian.

“Hingga hari ini, kita ada 210 personel TNI AD yang kita kerahkan, itu terdiri dari empat kelompok , mulai dari Clearing Area, Evakuasi, Pemcarian gabungan dan pencarian jalur darat, dan cadangan yang berada di posko,” kata Dandim 0604 /Karawang, Letkol Inf.Endang Sumardi Selasa (6/11) di Posko TNI AD Pakisajaya, Karawang.

Selain mengerahkan anggota Kodim yang berjumlah 100 Personil, Kata Endang , juga mengerahkan anggota TNI dari Batalyon Kavaleri 1 /Badak Ceta Cakti 30 orang, Yon Armed 9 /Pasopati 30 orang, dan Batalyon Arhanud /Rajawali 40 orang.

Dia juga mengatakan, atas perintah Panglima meminta seluruh jajarannya untuk sigap membantu proses evakuasi sejak terjadi insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh diperairan Tanjung Karawang.

“Sejak pukul 09.00 WIB mendengar hilang kontak pesawat, Bapak Panglima TNI langsung kerahkan Personil dilapangan menyiapkan Tim Evakuasi mulai dari Karawang, kemudian Batalyon yang ada di Jawa Barat,” jelasnya.

Pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) sekitar pukul 06.33 WIB. Pesawat berjenis Boeing 737 MAX 8 berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bangka-Belitung dengan membawa 189 orang di dalamnya.

Sejak peristiwa itu terjadi, kegiatan pagi hari mulai pukul 07.00 WIB ,selepas apel Tim gabungan membantu pencarian dan evakuasi bersama Basarnas dengan menggunakan 14 Speed Boat melaksanakan patroli laut diwilayah perairan Tanjung Pakis.

“Selain melaksanakan Clearing area tempat evakuasi juga melakukan penyisiran dan patroli di laut dan jalur darat,” tutupnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here