Beranda PURWAKARTA Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab Purwakarta Gelar Rakor Program Inovasi Desa

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab Purwakarta Gelar Rakor Program Inovasi Desa

87
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Bangun inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) menggelar rapat koordinasi (rakor) tim inovasi kabupaten Program Inovasi Desa (PID), di Hotel Intan, Kelurahan Sindangkasih, Purwakarta. Rabu (24/7/2019).

Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa , DPMPD Kabupaten Purwakarta, Asep Suparman mengatakan Program Inovasi Desa khususnya pada semua desa yang ada di wilayah Kabupaten Purwakarta.

‚ÄúSecara umum diharapkan nantinya mampu meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa untuk pembiayaan kegiatan pembangunan desa yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan produktifitas desa,” ucapnya.

Menurut Asep, menjadi hal yang penting dan strategis untuk mengoptimalisasikan program inovasi desa dalam pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan dan perencanaan prioritas dana desa.

“Tujuannya meningkatkan efektivitas penggunaan dana di desa melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif,” jelas Asep.

Tak hanya itu, lanjut dia, meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa secara lebih inovatif dan berkualitas.

“Selain itu, memfasilitasi peningkatan kapasitas desa untuk mewujudkan replikasi atau adopsi kegiatan inovasi desa. Serta meningkatkan kapasitas kelembagaan kader pemberdayaan masyarakat desa dan kader pemberdayaan manusia dalam rangka pemenuhan kebutuhan layanan sosial dasar masyarakat desa,” pungkasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here