Beranda Jabar Tidak Ingin Tol Cipali Banjir Lagi, PT LMS Gandeng BBWS Keruk Sungai...

Tidak Ingin Tol Cipali Banjir Lagi, PT LMS Gandeng BBWS Keruk Sungai Cilalanang

132
0

Penulis: Red

INDRAMAYU, jabarkini.net – Banjir yang sempat menggenangi km 136, tol Cipali, Selasa (31/12/2019), sore, langsung mendapat resfon dari permerintah.

Rabu (1/1/2020), pagi, Direktorat Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Djarot Widyoko didampingi pihak PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator Tol Cikampek – Palimanan (Cipali), mendatangi titik banjir, yakni km 136.

Diketahui, sumber banjir akibat meluapnya sungai Cilalanang, Kabupaten Indramayu setelah kawasan tersebut diguyur hujan yang cukup deras, sepanjang hari.

Pada kesempatan itu, Dirjen SDA Kementerian PUPR meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk – Cisanggarung Kabupaten Cirebon, untuk turun tangan.

Seperti yang terlihat, saat itu juga pengerukan dengan menggunakan alat berat dilakukan. “Kami melakukan perlebaran saluran sepanjang 500 meter di hulu dan hilir sungai,” kata Djarot Widyoko.

“Diiharapkan upaya ini bisa menjadikan sungai juga sebagai menampung debit air lebih banyak saat intensitas curah hujan tinggi,” sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, km 136 tol Cipali direndam banjir dengan panjang genangan mencapai 200 meter. Akibatnya ratusan kendaraan mengantri.

Untuk mengantisipasi antrian kendaraan makin panjang, maka pihak PT LMS dan petugas tol juga polri mengalihkan arus, yang dari ruas 1 ke ruas 2.

Air yang menggenangi ruas tol tersebut baru diketahui sekitar pukul 17:00 Wib, dan berangsur surut satu setengah jam kemudian.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here