Beranda Bencana Alam Tidak Ada Pasokan Air, Ratusan Hektare Sawah di Purwakarta Dipastikan Gagal Panen

Tidak Ada Pasokan Air, Ratusan Hektare Sawah di Purwakarta Dipastikan Gagal Panen

97
0

Penulis: Red/*

PURWAKARTA,jabarkini.net-Ratusan hektare lahan pertanian yang sebagian besar berada di wilayah Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta dipastikan gagal panen.

Ini akibat tidak adanya pasokan air yang mengairi sawah mereka. Terlebih, kemarau ini pun telah menyebabkan Situ Cigangsa yang selama ini menjadi satu-satunya pemasok air, juga mengalami kekeringan yang memprihatinkan.

Akibat kondisi ini, para petani disana sebagian banyak yang membiarkan tanaman padi gagal tumbuh di sawahnya menjadi makanan ternak, seperti domba.

Abah Sawa, petugas pengawas di irigasi Situ Cigangsa mengatakan, kekeringan yang melanda Situ Cigangsa sudah terjadi sejak dua bulan terakhir.

Atas kondisi tersebut, Abah berharap, Balai Pengelolaan Air dan Sumber Daya Alam melakukan pengerukan, agar bisa menambah daya tampung air sehingga kebutuhan air bisa bertahan lama.

“Ini mah harusnya ada pengerukan. Biar daya tampung airnya bisa lebih lama,” ujar Abah Sawa saat ditemui di kawasan Situ Cigangsa, Rabu (9/9/2020).

Dijelaskan, Situ Cigangsa selama ini menjadi pemasok utama air ke 370 hektare sawah di Kecamatan Campaka dan Cibatu.

“Sekarang mah, gara-gara situnya kering sudah dipastikan para petani tidak bisa menggarap sawahnya kembali,” tukasnya.(jk2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here