Beranda Jabar Tekan Peredaran Narkoba di Kalangan Remaja, Polres Purwakarta Sosialisasi hingga Tes Urin...

Tekan Peredaran Narkoba di Kalangan Remaja, Polres Purwakarta Sosialisasi hingga Tes Urin Pelajar

95
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, jabarkini.net – Polres Purwakarta melalui Sat Res Narkoba diketahui telah berhasil membekuk 39 pelaku penyalahgunaan narkoba sejak tiga bulan terakhir. Dari 39 pelaku itu 19 di antaranya lulusan SMA/SMK atau sederajat.

“Dari 39 pelaku, 19 orang di antaranya lulusan SMA/SMK atau sederajat. Itu memang merepresentasikan kondisi di lapangan saat ini,” ungkap Kasat Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcaho, Rabu (13/11/2019).

Heri mengaku khawatir atas kondisi ini mengingat mereka merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki potensi atau bakat dibidang masing-masing yang perlu dikembangkan, Namun faktanya tidak sedikit di antara mereka malah terjerumus atau terkontaminasi narkoba.

Hal itu membuat dirinya memiliki kewajiban memberikan pemahaman jika mengkonsumsi narkoba sangat merusak masa depan, disamping juga merusak kesehatan.

Upaya yang dilakukan meminimalisasi peredaran narkoba terutama terhadap kalangan para pelajar adalah menggalakan sosialisasi ke semua sekolah yang ada di Kabupaten Purwakarta.

“Kita telah melakukan sosialisasi hampir ke seluruh sekolah tingkat SMP di Purwakarta. Sedangkan untuk SMA dan sederajat baru dilakukan di enam sekolah, mulai dari Kecamatan Maniis, Darangdan, Pasawahan hingga Sukatani,”kata Heri.

Selain sosialisasi, personel kepolisian juga melakukan tes urin keadaan sejumlah perwakilan pelajar di masing-masing sekolah yang didatangi.

“Hasilnya sejauh ini belum ditemukan ada pelajar yang mengonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang sejenis,” kata Heri.

Menurutnya, generasi muda dan pelajar di Purwakarta menjadi sasaran peredaran narkoba jenis obat-obatan keras dan tembakau gorila. Modus penyebarannya biasa melalui jejaring pertemanan di sekolah maupun di luar sekolah.

“Ini yang harus kita antisipasi, memberikan pemahaman kepada mereka melalui sosialisasi jangan sekali-kali mendekati apalagi mengkonsumsi narkoba karena sangat merugikan,”ujar dia menghimbau.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here