Beranda Jabar Subang ‘Ditantang’ Mentan. Ini Jawaban Bupati Ruhimat

Subang ‘Ditantang’ Mentan. Ini Jawaban Bupati Ruhimat

148
0

Penulis : Gunawan

SUBANG, jabarkini.net – Bupati Subang H Ruhimat optimis, tahun 2021 nanti Subang bisa melakukan ekspor hasil pertanian. “Insya Allah, saya optimis tahun 2021 nanti, kita (Subang) bisa melakukan ekspor,” ujar Bupati Ruhimat kepada jabarkini.net usai mengikuti Launching Varietas Unggul Baru dan Alat Mesin Pertanian 4.0, di Kecamatan Sukamandi, Kabupaten Subang, Senin (16/12/2019.

Pernyataan Bupati Subang H Ruhimat tersebut merupakan jawaban atas ‘tantangan’ Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat memberi sambutan diacara tersebut.

Dalam pernyataannya, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Subang merupakan daerah agraris. Lahan pertanian yang cukup luas dan masih terawat dengan baik. Terlebih, di Kabupaten Subang ini terdapat balai penelitian padi unggulan (BBPTP). “Jadi apalagi yang kurang. Bagaimana pak bupati? Sanggup kalau nanti ekspor?,” katanya. “Siap,” jawab Bupati Subang H Ruhimat.

Namun demikian Bupati H Ruhimat mengungkapkan, pihaknya masih harus melakukan kajian sekaligus mengatur bagaimana mekanisme dari kerjasama antar stakeholder sebagaimana dikatakan Mentan Syahrul Yasin Limpo. “Tapi yang pasti pada prinsifnya kita optimis. Tahun 2021 nanti kita bisa melakukan ekspor,” tandasnya.

Diacara tersebut Mentan Syahrul Yasin Limpo juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan hasil pertanian. Indonesia harus menjadi negara pengekspor.

Bahkan, Mentan pun berjanji siap membantu mempasilitasi asalkan Subang siap dan konsisten ingin maju. “Mumpung masih saya menteri pertaniannya. Biar nanti saya juga bicara sama Gubernur Jawa Barat. Yu, kita mulai ekspor ini dari Subang,” ujarnya lagi.

Launching Varietas Unggul Baru dan Alat Mesin Pertanian 4.0 tersebut ditandai dengan penekanan tombol srine oleh Mentan Syahrul Yasin Limpo. Pada kesempatan itu, Mentan pun berkesempatan melihat dari dekat dan mengoperasikan alat-alat pertanian modern, seperti traktor tanpa awal dan sebagainya.

Rangkaian acara ditutup dengan penandatanganan MoU antara BBPTP dan PT Pos Indonesia Wilayah Jawa Barat. Selanjutnya, Mentan menandatangani prasasti untuk Taman Sains Teknologi Padi yang disusul dengan penyerahan benih baru padi unggulan secara simbolis kepada 5 orang perwakilan petani dari berbagai daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi.(jk2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here