Beranda Jabar Sri Rahayu, Jaring Aspirasi Masyarakat

Sri Rahayu, Jaring Aspirasi Masyarakat

130
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Reses Masa Sidang I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang,  telah mulai dilakukan anggota Dewan. Masa-masa reses merupakan masa penting yang sejatinya fungsional dalam menjaring aspirasi masyarakat. Hal tersebut sangat disadari oleh para anggota Dewan yang berkantor di Gedung  DPRD Karawang.

“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD. Setiap tiga  bulan, anggota Dewan turun ke Dapil untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian disalurkan,” kata Sri Rahayu Agustian, salah seorang anggota Dewan dari Farksi Golkar.  Kamis (14/2).

Dia menjabarkan, dari suara-suara masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut, kemudian akan direkap dan dibuat laporannya, diteruskan pada pimpinan di Dewan.Untuk ditindaklanjuti oleh eksekutif.

“Selanjutnya kita akan teruskan ke Bupati, dan meneruskan pada OPD terkait,” ujar Wakil Ketua DPRD Karawang.

Sri Agustina Rahayu, yang mengawali masa kegiatan resesnya di Kecamatan Pangkalan,, menyatakan kegiatan reses sangat penting dan sayang sekali jika tidak dimanfaatkan.Selain ajang silaturahmi dengan konstituen juga menampung aspirasi.

“Memang ada anggota yang tidak lakukan reses. Tapi ini tergantung hati nurani. Reses ini momen kita bertemu masyarakat secara massal. Jaran-jarang lho, kita bertemu konstituen yang selama ini mendukung kita. Dengan kesibukan agenda di Dewan, ini momen yang harus kita  manfaatkan,” tuturnya.

Dalam kegiatan reses di Desa Sukamakmur Kecamatan Telukjambe Timur, tampak  antusiasme masyarakat dan tetap dukungan bagi anggota Dewan yang sudah mereka beri kepercayaan.

Berbagai isu seperti fasilitas umum (fasum), harapan dibina, bahkan dukungan moral disampaikan oleh masyarakat.Masalah-masalah signifikan di bidang pendidikan,Infrastruktur. Saat reses berjumpa dengan perwakilan kecamatan, desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan elemen masyarakat lain.

“Mendengarkan keluh-kesah, aspirasi warga, itu memang tugas anggota Dewan. Dalam kegiatan ini kita fokus mendengarkan untuk kemudian disalurkan. Bukan sekedar mengadakan pertemuan tanpa hasil membangun di masa depan,” tegasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here