Beranda Jabar SPNF SKB Akan Bangun ‘Kampung Jawara

SPNF SKB Akan Bangun ‘Kampung Jawara

256
0
Saung angklung di 'Kampung Jawara'. (Inzet: Yaya Sunarya)- foto: gunawan

Penulis : Gunawan

SUBANG, jabarkini.net – Di Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB), akan dibangun ‘Kampung Jawara’. ‘Kampung Jawara’ sendiri merupakan kepanjangan dari Kawasan Muatan Pendidikan Non Formal Jaya Istimewa Sejahtera. Di Kampung Jawara ini nantinya akan ada bangunan-bangunan non permanen minimalis yang didisain khusus sesuai peruntukannya. Untuk saat ini di lahan tersebut tengah dibangun pasilitas berupa saung aklung dan saung lukis atau biasa disebut galeri.

Kepala SPNF SKB Yaya Sunarya mengungkapkan, keberadaan Kampung Jawara merupakan pengejawantahan dari tugas SPNF SKB selaku intansi pemerintah dalam melaksanakan program-program pembelajaran di luar pendidikan formal. Selain itu juga sebagai bagian dari keikutsertaannya dalam mewujudkan Subang Jawara (Jaya Istimewa dan Sejahtera) yang notabene menjadi andalan serta tujuan Bupati H Ruhimat.

Keberadaan bangunan-bangunan tersebut merupakan sikap keterbukaan juga kepedulian dari SKB terhadap para seniman di Subang yang mungkin selama ini kesulitan mencari wadah. Bangunan tersebut dibangun oleh para pihak yang ingin mengembangkan bakatnya di Kampung Jawara.

Diposisi ini SPNF SKB hanya mempasilitasi. Adapun keuntungannya, melalui pasilitas yang ada tersebut masyarakat bisa sekaligus belajar bagaimana cara membuat maupun memainkannya. “Jadi buat kami, yang penting masyarakat bisa ikut merasakan manfaat dari SKB ini,” ujarnya.

Yaya pun mengatakan, kalau ide kreatifnya itu sebelumnya telah disampaikan pada Kadisdikbud melalui Kabid. “Dan Alhamdulillah setelah saya jelas pimpinan bisa memahami dan kemudian meresponnya,” tandasnya.

Berdasarkan catatan, Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB), adalah intansi milik pemerintah yang benaung dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelum kini berubah nama menjadi SPNF SKB awalnya lembaga ini bernama SKB berdiri pada tahun 23 Juni 1978 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 202/O/1978.

SKB sendiri memiliki tugas melaksanakan program kegiatan belajar luar sekolah dan olah raga untuk pamong pendidikan luar sekolah dan instruktur olah raga. Jadi pada awalnya SKB belum menyelenggarakan layanan satuan pendidikan luar sekolah, namun melakukan kegiatan pelatihan bagi pamong pendidikan luar sekolah dan instruktur olah raga.

Pamong luar sekolah tersebut digunakan untuk menyebut pendidik dan tenaga kependidikan kelompok belajar seperti Paket A maupun program pemberantasan buta huruf (sekarang program keaksaraan fungsional).

Di samping melaksanakan program kegiatan belajar luar sekolah dan olah raga bagi pamong pendidikan luar sekolah dan instruktur olah raga, SKB juga memiliki fungsi menyediakan sarana kegiatan bagi kelompok belajar/instruktur, termasuk menyelenggarakan pelatihan bagi pelatih wasit sepakbola yang bekerjasama dengan pengurus PSSI setempat. Juga untuk cabang olah raga lainnya termasuk pelatihan bagi tim Paskibra.

Nah, jika melihat tugas dan fungsi SKB, jelas begitu berharganya lembaga yang satu ini. Namun kenapa pada prakteknya SKB khususnya di Kabupaten Subang saat ini tak ubahnya sebuah intansi ‘pelengkap’. Sebut saja pada anggaran. Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan seperti tidak mampu memberikan anggarannya secara signifikan. Lihat saja pada sisi bangunan yang ada. Keberadaan bangunannya berdiri diatas tanah yang cukup luas, namun sejak dibangun sekitar tahun 80 an, baru di dua tahun ini SKB mendapatkan kucuran dana, dan itupun jauh dari harapan.

Namun begitu, Yaya Sunarya selaku pimpinan SPNF SKB Kabupaten Subang yang belum lama ini di lantik, siap menjawab semua tantangan yang diberikan terhadap SPNF SKB. Salah satu jawaban yang telah dia realisasikan yaitu siap membangun Kampung Jawara. “Namun, apalah artinya saya jika tidak ada dukungan dari semua pihak. Maka dari itu saya berharap, semua pihak dapat memberikan dukungannya. Ini semata untuk mewujudkan andalah Subang yaitu Subang Jawara,” pungkasnya. (Jk2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here