Beranda Jabar Sepi Pemudik Lebaran, Akibat Terminal Bayangan

Sepi Pemudik Lebaran, Akibat Terminal Bayangan

91
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Pemudik yang menggunakan bus masih terlihat sepi di Terminal type B Klari, Karawang,  dibandingkan tahun lalu di hari -5 yang sama jauh berbeda kondisinya. Hal ini dikeluhakan sejumlah agen penjualan tiket bus.

“Kalau dibandingkan dengan tahin lalu  jauh berbeda , pemudik yang menggunakan bus sepi, ” kata Penjual tiket PO Harta Mulya,  Denis., Jum’at (31/5).

Dia mengatakan jika puncak arus mudik penumpang diprediksi terjadi pada Kamis, (30/5)kemarin, hal itu tidak terjadi pada pemudik yang menggunakan bus. Mengingat, terminal bus masih terlihat sepi pemudik.Penyebabnya kehadiran terminal bayangan di Karawang Barat.

” Penurunan jumlah pemudik mudik di sejumlah terminal dipicu kehadiran terminal bayangan,” kata Denis.

Penurunan jumlah pemudik, Denis mengatakan, terlihat di Terminal  type B Klari dan terminal type A Cikampek,   Pada H-5 Lebaran jumlah pemberangkatan bus hanya berkisar 5 unit yang membawa  penumpang kurang dari 10 orang.

Hal yang sama dikeluhkan pengurus PO Shantika,Heru, mengatakan jumlah tersebut tidak ada peningkatan dari situasi normal yang mencapai satu hingga dua unit bus per hari. Namun, situasi mudik di terminal tersebut masih relatif landai di masa mudik Lebaran.

Heru menduga, pemicunya karena kehadiran terminal bayangan yang bersifat ilegal yang beroperasional di sejumlah pool bus milik sejumlah perusahaan otobus.Kenikan tarif 50 persen bagi perusahaa. Oto bus non ekonomi.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk harga tiket yang diatur oleh pemerintah itu hanya untuk bus ekonomi Sementara untuk bus non-ekonomi itu diserahkan kepada perusahaan otobus, atas syarat dia wajib mengumumkan harga tersebut di loket penjualan tiket.

“Bus cadangan yang didatangkan ke Karawang juga kembali pulang ke garasi, akibat sepi penumpang mudik, ” tutupnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here