Beranda Jabar Selama 4 Tahun,  ada  520 Minimarket di Karawang

Selama 4 Tahun,  ada  520 Minimarket di Karawang

238
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang,hingga akhir tahun 2018 ,mencatat telah mengeluarkan ijin minimarket yang tersebar di sejumlah daerah di Karawang, baik yang berada di perkotaan maupun pedesaan.

“Jika ditotal jumlah minimarket berbagai nama yang telah mengajukan ijin hingga akhir tahun 2018 , sudah mencapai 520 minimarkaet, ” ujar Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Perekonomian dan Kesejahteraan Sosial Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang Iwan Ridwan F , Karawang, Jum’at (7/12).

Dikatakan Ridwan, sejauh ini dari data yang dihimpun DPMPTSP Karawang jumlah minimarket yang berada di Karawang selama tahun 2014 hingga hari ini mencapai 520 minimarket.

“Masa berlaku ijin minimarket itu perlima tahun sekali, kalau harbis harus diperpanjang,” katanya.

Dikatakannya, seluruh minimarket yang tersebar di wilayah perkotaan hingga pelosok desa se-Karawang memiliki kelengkapan perizinan. Sebab ada beberapa perizinan yang memang harus dipenuhi oleh pengusaha, jika hendak membangun usaha minimarket.

Sesuai dengan ketentuannya, perizinan yang harus dilengkapi pengusaha minimarket ialah memperoleh rekomendasi dari desa atau kelurahan, dengan diketahui oleh RT/RW. Kemudian harus mengantongi pula Surat Izin Tempat Usaha (SITU) yang dikeluarkan oleh pihak kecamatan.

Jika sudah rekomendasi dari desa atau kelurahan dan mengantongi SITU, baru Dinas Cipta Karya Karawang akan membuatkan izin mendirikan bangunan (IMB).

Dari ijin pengusaha yang akan mendirikan minimarket mengharuskan membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), ijin Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan
Ijin Usaha Toko Modern (IUTM).

“Harus juga ada ijin tetangga yang harus diketahui oleh Kepala Desa dan camat, sejauh ini jarang ada untuk ijin tersebut,” katanya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here