Beranda Jabar Rumah Tangga Hancur,  Gara gara Bank Emok Menggurita

Rumah Tangga Hancur,  Gara gara Bank Emok Menggurita

394
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Dalam fenomena bank emok, Pemerintah terus berupaya untuk mengangkat ekonomi rakyat melalui inklusi keuangan. dengan lebih memerhatikan para pelaku usaha ultra mikro melalui program yang digagas pemerintah.

Wakil Ketua DPRD Karawang,  Sri Rahayu Agustina mengatakan pelaku usaha ultra mikro yang sulit mendapatkan pinjaman dari perbankan. Sehingga mereka seringkali dimanfaatkan oleh orang-orang yang menawarkan pinjaman dengan bunga tinggi yang biasa disebut bank emok (rentenir).

Sri  Rahayu melanjutkan, keberadaan bang emok ini memang lebih mudah dan cepat dalam pencairan pinjaman. Namun ketika harus membayar seringkali mencekik masyarakat yang meminjamnya karena tingginya bunga yang dipatok.

“Semakin menjamurnya Bank Emok terutama di kabupaten Karawang yang kehadirannya dianggap sangat membantu disaat kepepet namun dilain sisi membuat resah terutama khususnya ibu rumah tangga di pedesaan, bisa dibilang lebih banyak meresahkannya dari pada membantu,” kata Sri Rahayu,  Sabtu (1/12) saat bertemu dengan komunitas Ojol di Kampung Budaya,

Bank emok yang terus berkembang pesat di  Karawang, kata Sri Rahayu sangat meresahkan karena setiap pertemuan harus setor tanpa alasan yang akhirnya berbagai cara harus mereka upayakan agar bisa memenuhi setoran pinjaman.

“Pemerintah daerah Karawang tak mampu untuk membendung mengguritanya bank emok, walaupun setiap desa ada program Bumdes, ” jelasnya.

Lebih lanjut,   warga yang terjerat rentenir Bank Emok,  harus melakukan gali lubang tutup lubang bahkan tidak sedikit dari para peserta Bank emok yang rumah tangganya terancam berpisah lantaran tergoda dengan Bank emok.

” Banyak korban Bank Emok yang rumah tangganya hancur , dampak terjerar rentenir, ” jelasnya.

Untuk itu kata Srikandi Partai Golkar Karawang,  Pemerintah Daerah harus mampu memberikan kemudahan  kepada masyarakat  dalam mendapatkan  modal usaha dan bekerjasama dengan  bank plat merah dengan bunga murah dan cara pengembalian yang tidak memberatkan.

“Pemerintah daerah seharusnya cepat tanggap fenomena Bank Emok dengan memberikan kemudahan dalam hal pembiayaan untuk modal usaha.,” tutup Caleg DPRD Jawa Barat Dapil 10 . Karawang-Purwakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here