Beranda Jabar Ridwan Kamil : Pembukaan TWA Gunung Tangkuban Parahu Jangan Terburu buru Pasca...

Ridwan Kamil : Pembukaan TWA Gunung Tangkuban Parahu Jangan Terburu buru Pasca Erupsi

114
0

Penulis: Erlan

SUBANG, Jabarkini.net – Pasca Erupsi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau langsung ke Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu Subang, Senin siang (29/7/2019).

Menurut Ridwan, meski kondisi pascaerupsi mulai berangsur normal namun ia enggan buru-buru membuka kembali bagi wisatawan untuk berkunjung.

“Pembukaan Tangkuban Parahu tidak bisa diputuskan hanya melihat satu dimensi saja mengingat alasan penutupan juga mengakomodasi persoalan sosial dan kesiapan mitigasi,”ujar Ridwan Kamil kepada Wartawan disela kunjungannya.

Erupsi yang terjadi di Tangkuban Parahu dijelaskan Ridwan, bukan erupsi magma tapi freatik yang disebabkan uap air, sama dengan 2013 erupsi ini lokal.

Posisi hari ini sudah normal, kewaspadaan harus tetap dijaga saya kira pengunjung wisatawan sudah boleh datang dengan kesiapsiagaan pengelola. Nanti saya hitung waktunya (kapan dibuka) dalam hari-hari inilah,” terangnya.

Dijelaskan Ridwan, wisatawan akan kembali bisa menikmati objek wisata andalan Jawa Barat tersebut meski waktu pembukaan belum diputuskan pihaknya.

“Wisatawan silakan datang, objek wisata di jawa barat aman terkendali selalu kita koordinasikan kewaspasaan juga. Mungkin dalam 1-2 hari ini kita buka secara resmi lagi,” katanya.

Sebelum dibuka kembali, pihaknya akan memastikan pengelola melengkapi prosedur salah satunya posisi parkir harus menghadap ke jalan mulut mobilnya.

“Kalau ada kejadian, jumlah mobil harus kita cek lagi kenapa dalam waktu dekat berapa yang memadai. (Debu vulkanik) Dalam waktu 1-2 hari harus dibersihkan lagi, ke arah utara. Dalam 1-2 hari normal lagi. Tangkuban perahu bisa dikunjungi lagi,” paparnya.

Keputusan menurutnya akan diambil dalam rapat terpadu yang digelar pihaknya Selasa (30/7/2019) besok. Pihaknya akan mengundang PVMBG, pengelola, pihak keamanan, BPBD, dan pihak pemerintah daerah agar pembukaan kembali TWA matang.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here