Beranda PURWAKARTA Ratusan Warga Cibeber Rela Antri untuk Pengambilan Sertifikat Tanah

Ratusan Warga Cibeber Rela Antri untuk Pengambilan Sertifikat Tanah

176
0

Penulis : Erlan

PURWAKARTA, Jabarkini.net – Ratusan warga Desa Cibeber Kecamatan Kiarapedes Purwakarta mengantri di Aula Kantor Desa Cibeber, antrian ratusan warga ini hanya untuk sekedar pengambilan Sertifikat Tanah dari Program Tanah Sistematik Lengkap ( PTSL ) yang merupakan program Pemerintah Pusat, Senin (04/02/2019).

Satu persatu warga dipanggil oleh petugas dari Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) untuk mengambil Sertifikatnya masing masing, sebelumnya warga di tuntut mengisi berkas dan memberikan tanda tangan sebagai tanda bukti sah untuk kepemilikan Sertifikat tersebut.

Sebelumnya, jumlah bidang tanah yang masuk di Program Tanah sistematik Lengkap (PTSL) bagi masyarakat di desa Cibeber ini sebanyak kurang lebih seribu bidang tanah, baik tanah berupa perumahan dan tanah perkebunan, Program PTSL yang merupakan program pemerintah pusat ini tentunya sangat di apresiasi seluruh warga desa Cibeber maupun warga luar yang mempunyai tanah yang terletak di wilayah desa Cibeber.

Menurut Sekretaris Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Purwakarta, Muhamad Furqon menerangkan pembagian sertifikat tanah dari program PTSL ini untuk di desa Cibeber ini merupakan tahapan yang ke empat kali nya, dimana sebelumnya sertifikat ini telah di berikan kepada warga di tahap satu, dua hingga tiga dengan masing masing rincian diatas 50 sertifikat, namun di tahap ke empat ini sertifikat yang dibagikan kurang lebih sebanyak 400 sertifikat ke pada pemohon.

Namun di pembagian tahap ke empat ini panitia sedikit mengalami kendala dalam pembagiannya, pasalnya banyak pemohon yang tidak hadir dan banyaknya pemohon yang menguasakan untuk pengambilan sertifikat.

“sementara untuk pemohon yang tidak bisa hadir atau menguasakan harus membawa surat kuasa diatas materai dari pemohon serta di lampiri foto copi ktp si pemohon maupun foto copi yang di berikan kuasa oleh si pemohon, ” tambahnya.

Sekretaris BPN kabupaten Purwakarta ini berharap warga Purwakarta khususnya warga desa Cibeber untuk berantusias dalam pembuatan Sertifikat tanah ini, sehubungan program ini merupakan program nasional yang meringankan warga dalam pembuatan sertifikat tanah, baik rumah, maupun perkebunan, pungkasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here