Beranda PURWAKARTA Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Purwakarta Launching Ratusan Ambulans Desa

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Purwakarta Launching Ratusan Ambulans Desa

34
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta lakukan Launching mobil Ambulan Desa Kidang Kawelas pada acara Gempungan Buruan Urang Lembur yang berlokasi tepat di tepi perairan Waduk Jatiluhur di Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Rabu (26/6/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan bahwa setidaknya ada 178 Ambulan dilaunchingkan pada hari ini, artinya semua Desa/Kelurahan di Purwakarta telah memiliki mobil Ambulan termasuk Puskesmas.

“Hari ini kita launching ambulan sebanyak 182 desa dan 9 kelurahan. 60 ambulan berada di 20 Puskesmas. Jadi total keseluruhan kami memiliki 250 ambulan,” kata Anne.

Dijelaskan Anne, bahwa ke 178 Ambulan desa itu bersumber dari dana bagi hasil (DBH), namun lima desa tidak mencukupi anggaran DBH itu dan akhirnya masih menggunakan Ambulan dari Dinas kesehatan.

Soal fasilitas, bupati yang akrab disapa Ambu itu mengaku telah dilengkapi sesuai dan memenuhi standar ambulan pada umumnya.

“Untuk operasional ada di swadaya masyarakat, desa, Puskesmas, Pemkab Purwakarta,” ujar Ambu.

Selain itu, dengan ada penambahan fasilitas Ambulan ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dan kualitas masyarakat Purwakarta. Tidak ada lagi angka kematian ibu dan bayi tinggi akibat keterlambatan penanganan.

“Jadi launching ambulan ini adalah untuk mempercepat pelayanan masyarakat,” ucap dia.

Dia pun berpesan, bagi masyarakat yang membutuhkan Ambulan ini tinggal datang ke kantor desa setempat. Pihaknya juga memastikan, layanan ini bisa dinikmati gratis oleh warga yang memang membutuhkan kendaraan tersebut.

“Untuk operasionalnya, nanti tanggung jawab pemerintah desa melalui swadaya masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui, pada acara tersebut selain dihadiri Bupati, Anne Ratna Mustika didampingi Wakil Bupati, H Aming, turut hadir juga Asosiasi Pemerintahan Desa (APDESI) dan sejumlah unsur muspida Kabupaten Purwakarta. (jk3)

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here