Beranda Jabar Puluhan Lapak Liar Diratakan dengan Tanah

Puluhan Lapak Liar Diratakan dengan Tanah

186
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, jabarkini.net – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bersama Satpol PP dan Kepolisian Karawang, menertibkan dan meratakan bangunan liar ,sedikitnya 30 bangunan liar diratakan dengan tanah di Jalan Interchange Karawang Barat.

Pantauan dilapangan ,Petugas gabungan sempat mendapat perlawanan dari pemilik bangunan yang diback up LSM menuntut biaya kerohiman , namun akhirnya petugas maratakan bangunan liar tersebut.Bangunan itu dibongkar dengan alat berat backhoe, puing-puing bangunan langsung diratakan dengan tanah.

Sekretaris PUPR Karawang , Asep Azhar mengatakan bangunan-bangunan itu merupakan lapak pedagang dan tempat tinggal 40 kepala keluarga dan telah memberi surat peringatan satu hingga tiga kepada pihak-pihak yang bangunannya akan ditertibkan.

“Bangunan liar itu berdiri diatas bahu jalan, dan lahan ini akan diperuntukkan bagi jalan dengan pelebaran jalan di kawasan tersebut,” kata Asep Azhar , Kamis (24/10) dilokasi.

Asep Azhar juga telah meminta agar mereka membongkar sendiri bangunan liar yang selama ini ditempati jika tidak ingin ditertibkan paksa oleh petugas.

Asep Azhar mempersilakan warga jika ada yang ingin menggugat terkait penertiban tersebut. Dia mengatakan, pihaknya hanya menjalankan tugas untuk menertibkan pelanggar peraturan.

“Silakan (menggugat). Intinya mereka melanggar, kecuali punya surat bisa tinggal di situ, itu lain lagi,” tuturnya.

Sekdis PUPR Karawang , menerangkan jalur wilayah tersebut merupakan akses Transit Oriented Development (TOD) dari stasiun kereta cepat yang terintegrasi dengan jalan Tol Jakarta-Cikampek sehingga nantinya terkoneksi secara infrastruktur dengan sejumlah kawasan industri dan pemukiman area komersial.

“Pembongkaran dilakukan sehingga jalan tersebut bisa langsung terkoneksi dengan infrastruktur akses stasiun kereta cepat,” katanya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here