Beranda Jabar PT EWINDO Ekspor Benih. Mentan Berharap Tahun Depan Nilainya Dapat Ditingkatkan Tigakali...

PT EWINDO Ekspor Benih. Mentan Berharap Tahun Depan Nilainya Dapat Ditingkatkan Tigakali Lipat

316
0

Penulis : Red

SUBANG, jabarkini.net – Produsen benih sayuran hibrida tropis Cap Panah Merah, PT. East West Seed Indonesia (EWINDO) melepas ekspor benih hortikultura ke sejumlah negara di Asean dan Asia.

Pelepasan ekspor ini dilakukan secara simbolis oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di halaman PT. EWINDO, di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Senin (16/12/2019).

Turut mendampingi pelepasan ekspor, Managing Director EWINDO, Gleen Pardede, Dirjen Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto dan Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil.

Dalam sambutannya Mentan Syahrul Yasin Limpo berharap ditahun mendatang nilai ekspor tersebut bisa ditingkatkan menjadi tigakali lipat. Pencapaian nilai ekspor tahun 2019 PT. EWINDO sebesar 48 milyar.

“Ditahun mendatang saya berharap pencapaian ini bisa bertambah tigakali lipat sesuai dengan program yang saya canangkan yaitu Gerakan Tigakali Lipat Ekspor Pertanian (Gratieks),” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Menurut dia, peningkatan daya saing produk pertanian akan semakin dibutuhkan mengingat pertumbuhan penduduk Indonesia yang saat ini diperkirakan mencapai 267 juta jiwa dan itu berpotensi sebagai pasar yang besar bagi produk sejenis dari negara lain.

“Saya minta hortikultura, kedepan harus lebih maju, lebih mandiri dan lebih modern. Produksi hortikultura harus betul-betul memperhatikan aspek kualitas, kuantitas dan kontinuitas serta mampu berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan,” katanya.

Sementara Managing Director EWINDO, Gleen Pardede mengungkapkan, nilai akspor tahun 2019 ini sebesar 48 milyar. Ekspor ditujukan ke negara-negara di Asia dan Asean. Untuk Asia meliputi India, Jepang, Hongkong, Srilangka, Bahladesh dan Pakistan. Sedangkan Asean, Thailand, Filipina, Myanmar dan Vietman.

Adapun jenis benih yang diekspor diantaranya, labu, pare, kacang panjang, mentimun, oyong, labu air, cabai, semangka dan masih banyak lagi jenis benih sayuran lainnya. “Ditahun 2017 kami telah melakukan ekspor sebanyak 1000 ton dan tahun 2018 sebanyak 1540 ton. Ke depan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan lagi nilai ekspornya,” ujarnya.

Dijelaskan, salah satu komoditas potensi ekspor adalah labu varietas Kusuma F1 sebesar 20 ton. Labu jenis ini merupakan hasil pemuliaan di Indonesia. “Ekspor benih sayuran ini merupakan salah satu wujud keseriusan PT EWINDO dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan kemajuan di sektor hortikultura nasional, melalui penelitian dan penemuan benih berkualitas,” tandasnya.

Lanjut dia, saat ini PT EWINDO telah memproduksi lebih dari 150 varietas yang digunakan oleh lebih dari 7 juta petani di Indonesia. Untuk menghasilkan benih berkualitas tinggi, PT EWINDO bermitra dengan 17 ribu petani produksi serta 70 ribu tenaga kerja polinator.

“Kami berkomitmen terus melakukan riset dan pengembangan secara terus menerus untuk mendapatkan varietas unggul yang tidak hanya memiliki adaptasi yang luas, tahan terhadap serangan penyakit tanaman, tetapi juga mampu memberikan hasil panen lebih besar yang nantinya berujung pada peningkatan kesejahteraan petani di Indonesia,” tandasnya.

Acara pelepasan ekspor benih sayuran tersebut, juga disaksikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan unsur Muspida serta para petani produksi di PT EWINDO.(jk2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here