Beranda Jabar Program Kemitraan PT Pupuk Kujang Mampu Kembangkan UMKM

Program Kemitraan PT Pupuk Kujang Mampu Kembangkan UMKM

152
0

Penulis : Asep NK

KUNINGAN, jabarkini.net – PT Pupuk Kujang melalui Program Bina Kemitraan juga melakukan pelatihan, pengembangan dan promosi bagi usaha kecil menengah di Jawa Barat .

Sampai dengan Oktober 2018, PT Pupuk Kujang sudah membina 116 Mitra Binaan di Jawa Barat. Salah satunya Usaha Kecil Menengah (UKM ) rumahan Jeruk Nipis Peras yang dikelola Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPK) di Desa /Kecamatan Ciawigebang, Kuningan, Jawa Barat, yang bergabung sejak 1998.

“PT Pupuk Kujang sudah memiliki mitra binaan sekitar 116 UKM yang tersebar di Jawa Barat,” kata Manager Komunikasi PT Pupuk Kujang, Ade Cahya, Sabtu (3/11) saat berkunjung ke UPPKS Intan Kencana di Kuningan.

Ade Cahya mengatakan Pupuk Kujang dalam menjalankan tugasnya sebagai perusahaan milik negara juga bertanggung jawab dalam pengembangan masyarakat sekitar perusahaan. Sebagai salah satu implementasi fungi pengembangan masyarakat PT Pupuk Kujang melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) melakukan pelatihan, pengembangan dan promosi bagi usaha kecil menengah dilingkungan di Jawa Barat.

Lebih jauh, Ade Cahya menjelaskan Program Kemitraan yang dilaksanakan Pupuk Kujang adalah bentuk pemberdayaan melalui fasilitasi kegiatan usaha yang dilakukan masyarakat. Penerima fasilitas pinjaman yang disebut mitra binaan dapat memperoleh manfaat dari program kemitraan untuk mengembangkan usaha yang dilakukannya.

“Program kemitraan yang dilakukan Pupuk Kijang ini dapat mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi lokal, untuk menciptakan pemerataan pendapatan keluarga ,”jelasnya.

Disisi lain, Ade mengatakan program mitra binaan juga untuk semakin meningkatkan perekenomian lokal dan dapat mengurangi tingkat kesenjangan di tengah-tengah masyarakat sebagai tujuan utamanya.

Sementara menurut Nunung ,pengelola UPPKS Intan Kencana yang memproduksi syrup jeruk nipis mengatakan sejak menjadi mitra binaan PT Pupuk Kujang sejak tahun 1989 hingga sekarang
program kemitraan bersama Pupuk Kujang selain membantu permodalan dalam meningkatkan usaha dengan tingkat pengembaliannya lebih ringan hanya 3 persen pertahun.

“Selain kucuran modal usaha yang terus meningkat juga tingkat pengembaliannya yang disebut jasa administrasi hanya 3 persen pertahun,” katanya.

Sisi lainnya, kata Nunung, selain memberikan permodalan dan pelatihan juga
menciptakan pemerataan pendapatan melalui perluasan lapangan kerja dan kesempatan berusaha.

“Kemitraan yang dibangun perusahaan BUMN dapat meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi pengusaha yang tangguh dan mandiri,” imbuhnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here