Beranda Jabar Polisi Segel Limbah B3 milik PT Tae Sung

Polisi Segel Limbah B3 milik PT Tae Sung

189
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, jabarkini.net – Satreskrim Polres Karawang, menyegel dan memasang Police line di PT Tae Sung yang beralamat di jalan Raya Curug Kosambi, km 24, Desa Cimahi, Kecamatan Klari, Karawang, diduga menimbun limbah bahan berbahaya dan beracun tanpa sesuai aturan yang berlaku.

“Pihak perusahaan peleburan baja ini, diduga telah melanggar UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup sesuai dengan pasal 103,” kata Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya, Senin (22/10) dilokasi.

Saat dilakukan penyegelan didampingi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang,menemukan tumpukan limbah B3 berupa eks pasir Foundry tidak dilakukan pengolahan dengan baik sebagaimana mestinya oleh pihak perusahaan.

“Diduga pihak perusahaan melakukan perbuatan yang menghasilkan limbah B3 dan tidak dilakukan pengelolaan dengan tidak adanya tempat penyimpanan semenatara limbah B3,” katanya.

Slamet Waloya mengatakan, dalam praktiknya PT Tae Sung, yang bergerak dalam usaha peleburan baja telah menyalahi dokumen pengelolaan lingkungan hidup bagi kegiatan usahanya. Hal tersebut diketahui masyarakat sekitar dan Pihak Kepolisian dan DLHK Karawang, menerima pengaduan dari masyarakat ihwal aktivitas pencemaran yang dilakukan perusahaan tersebut.

“Atas dasar pengaduan dari masyarakat, petugas menemukan tumpukan limbah B3 yang tidak dilakukan pengelolaan limbah beracun sesuai dengan ketentuan,” jelasnya.

Kapolres Karawang menyatakan PT Tae Sung dituntut dengan pasal 103 UU RI No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

“Hukuman terhadapnya kejahatan lingkungan hidup dikenakan 4 tahun penjara,” tutupnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here