Beranda Lingkungan Hidup Pertemuan Menyoal Desa Jalupang Jadi TPA, Berakhir Tanpa Solusi. Padahal LH Sudah...

Pertemuan Menyoal Desa Jalupang Jadi TPA, Berakhir Tanpa Solusi. Padahal LH Sudah Meyakinkan Tidak Akan Ada Dampak Negatif

161
0

Penulis: Gunawan

SUBANG,jabarkini.net-Pertemuan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang bersama warga Desa Jalupang, menyoal pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) berakhir tanpa solusi.

Pertemuan yang sekaligus sosialisasi itu digelar diaula kantor Desa Jalupang dimulai sekitar pukul 10:00 Wib dan berakhir pukul 13:00 Wib. Umumnya warga Desa Jalupang menolak TPA dibangunan di diwilayahnya.

Dalam pertemuan itu, juga terungkap, bahwa TPA tersebut tidak akan berdampak negatif bagi masyarakat disekitarnya. Malah, keberadaan TPA diharapkan bisa memberikan peluang lapangan pekerjaan kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rona Meiransyah. “TPA ini bukan tempat pembuangan sampah tapi tempat pengolahan sampah (TPS),” ujar Rona.

Bahkan jelasnya, di TPS ini nantinya akan dilengkapi alat-alat pengolahan dan pengolahannya sendiri sudah berdasarkan kajian dari ahli di ITB. Dan rencananya, proyek ini akan mengikutsertakan pihak ketiga dari Korea.

“Yang pasti pada sistem pengolahannya nanti akan dilakukan secara profesional. Masyarakat disini harus benar-benar mendapatkan manfaatnya dari TPA ini,” kata Rona.

TPA ini rencananya akan memakan lahan seluas 100 hektar. Bahkan untuk jangka pendeknya Pemkab Subang akan memulai pengerjaan di awal Februari ini. Paling tidak, untuk ditahap awal sampah sudah mulai dibuang di wilayah Desa Jalupang dengan lahan sementara seluas 14 hektare.

Pertemuan yang sekaligus sosialisasi tentang rencana pembangunan TPA ini sedianya akan dihadiri oleh Bupati/Wakil Bupat, namun karena berhalangan hadir jadi pertemuan hanya diwaki oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rona Meiransyah, Kadis Ketahanan Pangan, Hedrawan, Kadis BPBD, Kepala Kantor Kesbang Udin Jazudin dan sejumlah pejabat lainnya, termasuk anggota DPRD Subang, Asep Hadian.

Terpantau, pertemuan ini pun mendapat pengawalan dari aparat Sat Pol PP, TNI dan kepolisian baik yang berseragam mau pun yang tidak berseragam.(jk2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here