Beranda Nasional Pertemuan Membahas Kesiapan Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Menhub Ajak Satu...

Pertemuan Membahas Kesiapan Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Menhub Ajak Satu Putaran Lagi

118
0

Penulis : Gunawan

SUBANG, jabarkini.net – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengajak semua pihak yang terlibat dalam urusan lalu lintas di jelang libur Natal dan Tahun 2020, untuk kembali menggelar pertemuan. Ini untuk memastikan kalau semuanya benar-benar siap 100 persen.

“Coba ya Pak Korlantas kita bikin pertemuan semacam ini, satu putaran lagi. Saya ingin memastikan kalau semuanya benar-benar siap 100 persen,” demikian isyarat Menhub Budi Karya yang ditujukan kepada Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Drs. Istiono, M.H pada acara pertemuan bersama PT LMS, di Rest Area 102 Tol Cipali, Minggu (8/12/2019). Menanggapi hal itu, Kakorlantas menyambutnya dengan anggukan.

Pertemuan bersama pihak PT LMS (Lintas Marga Sedaya) selaku pengelola ruas tol Cipali, dalam rangka memastikan kesiapan tol Cipali dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2020. Menurut Menhub, pertemuan tersebut sedianya melibatkan pula dari Pertamina selaku pemasok BBM juga dari Kementerian Kesehatan. Namun sayang, kedua lembaga tersebut tidak hadir.

“Seharusnya pertemuan ini dihadiri juga dari Pertamina. Saya cuma ingin tahu bagaimana kesiapan pasokan BBMnya. Lalu dari kesehatan juga. Makanya nanti pertemuan ini kita bikin satu putaran lagi,” ujarnya.

Dipertemuan tersebut, secara umum Menhub Budi Karya tampak puas dengan klaim kesiapan yang dipaparkan pihak PT LMS. Namun mengingat pihak dari Pertamina dan kesehatan tidak turut hadir, maka Menhub mengajak agar pertemuan yang membahas soal kesiapan tol Cipali dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru ini dilakukan kembali.

PT LMS sendiri dalam paparannya dihadapan Menhub mangatakan kalau pihaknya benar-benar siap dalam menghadapi lalulintas di libur Natal dan Tahun Baru 2020 ini. “Insya Allah kami sangat siap. Kami pun telah memasang beberapa rambu dan rest area tempat dimana pengendara bisa beristirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanannnya,” kata Presiden Direktur PT LMS, Firdaus Aziz.

Dia pun mengungkapkan, bahwa kecelakaan yang terjadi di ruas tol Cipali, sepanjang tahun 2019 ini menurun 50 persen. Kecelakaan sendiri lebih diakibatkan karena sopir mengantuk akibat kelelahan setelah menempuh perjalanan panjang. Dan kecelakaan sendiri umumnya tunggal atau tabrak dari belakang.

“Oleh karena itu kami menduga, kecelakaan ini akibat sopir ngantuk. Soalnya kan jalan tol Cipali ini lurus, dan itu bisa jadi merupakan pemicu dari ngantuk yang berakibat pada kecelakaan. Lagi pula, kecelakaan ini umumnya selepas tengah malam antara jam 1 sampai jam 5 pagi,” terangnya.

Namun secara umum, Firdaus Aziz memastikan pihaknya telah maksimal melakikan berbagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan. Salah satunya dengan penambahan rambu lalu lintas. “Insya Allah Pak Menteri, kami telah melakukan berbagai upaya. Dan kami pun telah berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya,” tandasnya.

Perlu diketahui, pertemuan tersebut juga dihadiri Bupati Subang H Ruhimat beserta unsur Muspida serta pejabat terkait lainnya dilingkungan Polda Jabar.(jk2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here