Beranda PURWAKARTA Penuhi Hak Konstitusional Narapidana , Warga Binaan Lapas Purwakarta Cetak KTP-El Untuk...

Penuhi Hak Konstitusional Narapidana , Warga Binaan Lapas Purwakarta Cetak KTP-El Untuk Pemilu 2019

168
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Disdukcapil bersama KPU dan Bawaslu Purwakarta lakukan rekam cetak KTP Elektronik bagi ratusan warga binaan di Lapas Purwakarta, Kamis (17/1/2019).

Hal itu dilakukan, guna memenuhi hak konstitusional narapidana dan tahanan pada Pemilu 2019.

“Penghuni Lapas Purwakarta berjumlah 548 orang yang terdiri dari 171 tahanan dan 377 narapidana. Data warga binaan yang sudah masuk dalam DPTHP-2 dan DPK berjumlah 310 orang,” ujar Kalapas Purwakarta, Suprapto.

Dilaporkan juga bahwa narapidana dan tahanan yang belum teridentifikasi NIK dan NKK-nya berjumlah 271 orang, yang terdiri dari 111 orang beralamat di Kabupaten Purwakarta, 121 orang luar Kabupaten Purwakarta, tapi masih dalam Provinsi Jawa Barat dan yang beralamat di luar Provinsi Jawa Barat sebanyak 39 orang. Dalam kegiatan ini juga diserahkan KTP-el kepada warga binaan secara simbolis.

“Lapas Purwakarta bersama dengan Disdukcapil, KPU dan Bawaslu selalu berkoordinasi dengan baik dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019. Kegiatan ini diharapkan dapat melindungi hak konstusional narapidana dan tahanan pada Pemilu mendatang,” ucap Kalapas.

Sementara, Komisioner Bawaslu Purwakarta, Oyang Este Binos mengatakan, agenda perekaman KTP-El ini digelar serentak se Indonesia. Bawaslu hadir untuk melakukan pengawasan melekat terhadap kegiatan tersrbut. Pihaknya memastikan warga binaan yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih bisa memilih pada waktunya nanti.

“Salah satunya melalui pemenuhan dokumen kependudukan khususnya KTP. Terhadap mereka yang merekam, Disduk memprioritaskan langsung dibuatkan e-KTPnya. Warga binaan memiliki hak yang sama dalam Pemilu. Karenanya perlu dijamin hak pilihnya. Suara mereka ikut menentukan pemimpin Indonesia lima tahun kedepan,” kata Binos.

Dalam keterangannya, Kepala Disdukcapil Purwakarta, Sulaeman Wilman mengatakan, data dari Kalapas yang telah dilaporkan ada warga binaan orang purwakarta sebanyak 271 , tapi setelah di cek data ada yang sudah direkam.

“Sisanya yang belum rekam langsung kita rekam. Kegiatan ini dalam rangka persiapan Pilpres dan Pileg tadi dihadiri pihal KPU dan Bawaslu,” demikian Wilman. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here