Beranda Pendidikan Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa Baru Diajak Mengenali Lingkungan dan Absensi

Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa Baru Diajak Mengenali Lingkungan dan Absensi

21
0
Salah seorang guru SDN Kalijati 1 tengah mengajarkan siswa baru bercuci tangan. Kegiatan ini dilakukan sebelum mereka masuk ruang kelas. (inzet: Kepsek Endang Wahyu)

Penulis: Red/*

SUBANG,jabarkini.netPandemi korona telah menghentikan segela sendi kehidupan. Tak terkecuali dunia pendidikan, juga ikut terhenti.

Namun hari ini, Senin 13 Juli 2020, sekolah-sekolah mulai beraktifitas. Sebagaimana diketahui, kalender pendidikan menyebutkan, tanggal tersebut adalah tahun ajaran baru 2020-2021.

Namun ada yang berbeda dengan tahun ajaran baru kali ini, dimana aktifitas dihari pertama masuk sekolah ini hanya diikuti oleh siswa baru. Maklum, kondisi negara saat ini masih dibayang-bayang oleh virus yang membahayakan itu.

Seperti yang terlihat, para siswa baru dari mulai PAUD, SD, SMP sederajat dan SMA/SMK sederajar mulai diajak untuk mengenali lingkungan dan mengenal satu sama lainnya.

Di SDN Kalijati 1, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang misalnya. Disini para siswa baru juga diajarkan mencuci tangan sebelum masuk ruang kelas. Mereka pun tak lupa mengenakan masker sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona.

Kepala SDN Kalijati 1, Endang Wahyu mengatakan, kegiatan siswa datang ke sekolah hanya 2 hari (hari ini dan besok). Selanjutnya, para siswa mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dirumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Teknisnya bisa daring (dalam lingkaran) atau laring (luar lungkaran). Atau bisa juga dua-duanya (kombinasi).

“Yang laring atau luar lingkaran itu, bisa saja guru yang datang ke rumah siswa,” ujar Endang saat ditemui diruang kerjanya.

Pemandangan yang tak jauh beda juga terlihat di SMPN 1 Kalijati. Pihak sekolah juga mengajak para siswa barunya untuk mengenali lingkungan sekolah, seperti diajak berkeliling dan memperkenalkan satu demi satu bangunan yang biasa digunakan di sekolah tersebut.

Namun sebelumnya pihak sekolah mengatakan, telah melaksanakan pembagian kelas dan mencatat nomor handpone masing-masing siswa untuk pelaksanaan belajar daring.(jk2)

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here