Beranda Jabar Pembuatan Akta Kelahiran Bisa Pakai Aplikasi Whatsapp

Pembuatan Akta Kelahiran Bisa Pakai Aplikasi Whatsapp

173
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, jabarkini.net – Pembuatan akta kelahiran bagi penghuni baru di kabupaten karawang cukup melalui WhatsApp. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Karawang intai oknum calo pelayanan onlien.

Kepala Bidang Nining Ratnaningsih melalui stafnya Hasan Habsi menyampaikan, saat ini pelayanan akta kelahiran online melalui via whatsApp sudah berlangsung secara maksimal.

“Alhamdulillah pelayanan sudah berlangsung baik, antusias masyarakat cukup tinggi. Kendala saat ini ada indikasi percloan, kita sudah tandai nomer-nomer yang melakukan percaloan, kita langsng blokir nomernya,” ujarnya

Saat ini untuk pelayanan sendiri, Disdukcatpil sudah menyiapkan tiga nomer pelayanan akta kelahiran, sehingga masyarakat sudah tidak perlu lagi susah-susah melakukan pembuatan dokumen akta kelahiran ke kantor Disdukcatpil.

“Caranya persyaratan di foto secara jelas atau minimal bisa terbaca, inofrmasi dan formulirpersyaratan juga bisa ditanyakan secara via onlen kepada nomer yang disediakan. Masyarakat bisa mengambil akta kelahiran yang sudah jadi dengan membawa persyaratan fisik,” katanya.

Lanjut Hasbi, bila persyaratan yang dikirim sudah lengkap maka data akan langsung diproses, bila terdapat data yang belum lengkap pihak Disdukcatpil akan menginformasikan kekurangan datanya.

“Yang sudah terindikasi sudah ada dua nomer sebagai calo, kita lakukan peneguran secara onlen dan langsung tegur secara lisan,” katanya.

Pihaknya juga menghimbau bagai masyarakat Karawang yang melakukan pelayanan melalui online, jangan sampai menggunakan calo. Tetapi pelayanan harus bisa dilakukan minimal oleh keluarga sendiri atau orang yang tertera di dalam Kartu Keluarga (KK).

“Kita punya data dan sudah pasti ketahuan mana calo, mana yang betul ingin mengurus dokumen. jika teguran tertulis tidak bisa, kita gunakan lisan. Kalau masih ngeyel kita laporkan kepada pihak kepolisian,” tutupnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here