Beranda Jabar Pasca Kecelakaan, Tim Gabungan Lakukan Pemeriksaan Awak Bus

Pasca Kecelakaan, Tim Gabungan Lakukan Pemeriksaan Awak Bus

110
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Pasca kecelakaan tunggal yang melibatkan Bus Bima Suci yang terjadi di ruas jalan Tol Cipularang, KM 70+400 di Purwakarta, pada Senin (28/1) sekitar pukul 09.40 WIB.

Data jumlah korban akibat laka bus Bima Suci berjumlah tujuh orang, puluhan lainnya mengalami luka-luka  para korban telah dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Siloam, RS MH Thamrin dan RS Ramahadi.

Tim gabungan Satlantas Polres Karawang, Dinas Perhubungan Karawang dan Jasa Raharja Cabang Karawang,  melakukan Ramp Check kendaraan Bus AKAP dan ADKP dan pemeriksaan kesehatan kepada sejumlah sopir dan awak bus di rest area KM 57 Karawng Timur.

Kepala Bagian Operasional (KBO)  Aiptu Acep Setiawan mengatakan, pengecekan kesehatan itu meliputi pemeriksaan narkoba dan kadar alkohol terhadap pengemudi bus yang mengantarkan masyarakat ke kampung halamannya yang melalui ruas tol Jakarta-Cikampek.

“Pasca terjadinya laka lantas di tol Cipularang,  tim gabungan melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan, kelengkapan surat-surat,” kata Acep, Selasa (29/1).

Dia mengatakan sasaran cek kesehatan itu sendiri diutamakan kepada sopir bus yang akan berkendara jauh. Pemeriksaan kesehatan ini, kata Acep, bertujuan untuk menghindari adanya kecelakaan yang diakibatkan oleh kesalahan manusia atau human error.

Dia juga mengimbau kepada pengemudi untuk menjaga kesehatan, memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan beristirahat secukupnya.

“Pemeriksaan meliputi, wawancara, fisik, laboratorium, gula darah, kadar alkohol dan narkoba,” katanya.

Sementara itu, Acep mengimbau kepada pengemudi bus untuk memerhatikan kesehatan dan keselamatan dalam melakukan perjalan tidak perlu memaksakan diri untuk cepat sampai tujuan.

“Beristirahat secukupnya, hindari ugal-ugalan dijalan, ” tutupnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here