Beranda Jabar Pasar Kalijati Kebakaran, Pedagang : Ini mah sabotase

Pasar Kalijati Kebakaran, Pedagang : Ini mah sabotase

97
0

Penulis : Gunawan

SUBANG, jabarkini.net – Pasar tradisional Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Sabtu (28/9), sekitar pukul 23.00 wib kebakaran dan menghanguskan ratusan kios.

Sejumlah pedagang menduga, kebakaran ini akibat sabotase alias sengaja dibakar. Ini merupakan buntut dari penolakan sejumlah pedagang terkait rencana renovasi pasar tersebut.

Muhamad Khan Diaz, salah seorang pedagang menjelaskan, sebelumnya telah terjadi tiga kali pertemuan antara para pedagang pemerintahan desa dan pengusaha yang dipasilitiasi pihak kecamatan setempat, di aula kantor Kecamatan Kalijati. Namun, dalam pertemuan itu tak mendapatkan titik temu.

“Para pedagang yang menolak umumnya keberatan soal harga tempat baru dan lokasinya. Soalnya dirasa sangat memberatan”, katanya.

Hal lain yang memicu kecurigaan lanjut Muhamad Khan Diaz, yaitu dari titik api. Titik berasal dari tengah yang kemudian dengan cepat merabat kebangunan lain. Hingga menghanguskan ratusan kios didalamnya.

Sejumlah warga dan pemadam kebakaran yang diterjunkan hampir tak kuasa menguasai bringasnya si jago merah. Kelangkaan air akibat kemarau ini pun adalah salah satu yang menyebabkan sulitnya proses pemadamam.

“Sebelumnya kami para pedagang sudah berupaya memadamkannya, namun api dengan cepat merambat kebangunan lainnya,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Sedangkan kerugian diperkirakan mencapai milyaran rupiah.

Seperti yang terpantau, lokasi kebakaran saat ini sudah digaris polisi. Sejumlah aparat kepolisian dari Polres Subang lengkap dengan senjata berjaga jaga. Aparat kepolisian pun saat ini masih terus melakukan identifikasi.

Sekedar informasi, pasar tradisional Kalijati tersebut merupakan asset desa Kalijatitimur.

Hingga berita ini diturunkan belum diperoleh keterangan dari pihak desa Kalijatitimur terkait kebakaran ini. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here