Beranda Jabar Panwascam Darangdan Panggil Caleg Bagikan Kupon Sembako di Pemilihan Bamusdes

Panwascam Darangdan Panggil Caleg Bagikan Kupon Sembako di Pemilihan Bamusdes

338
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Panitia pengawas pemilu Kecamatan (Panwascam) Darangdan lakukan pemanggilan terhadap Caleg No 3 Partai PAN, Dapil IV (Darangdan/Bojong) Ika Kartika ke Kantor Sekretariat Panwascam setempat di Kp Sukamaju Desa Darangdan Kec Darangdan Kab Purwakarta. Senin, (24/12/2018).

Ketua Panwascam Darangdan, Endang Husni Thamrin melalui Komisioner pengawasan Hubungan antar Lembaga (Hubal) Joko sulistianto mengatakan, pemanggilan dilakukan terkait adanya laporan warga terkait adanya pembagian kupon sembako yang dilakukan Caleg dari PAN yang juga istri dari kepala desa Legoksari Kec Darangdan pada pada pemilihan Bamusdes di Desa setempat pada Minggu (23/12/2018) kemarin.

”Berawal dari laporan masyarakat, bahwa caleg tersebut telah memberikan kupon sembako pada warga, oleh sebab itu kita melayangkan surat pemanggilan untuk klarifikasi hal tersebut pada yang bersangkutan ” ujar Joko

Ditambahkan Joko, dari hasil klafrikasi diketahui bahwasanya Ika mengakui tindakan terkait pambagian kupon tersebut. Namun, hal tersebut diakuinya tidak ada keterkaitannya dengan dirinya maju sebagai Caleg.

” hasil klarifikasinya Ibu Ika mengakui tindakan tersebut, namun hal tersebut dilakukannya demi pemenangan Calon Bamusdes bukan karena dirinya sebagai Caleg” terang Joko.

Meski begitu, lanjutnya, yang bersangkutan diberikan teguran dan himbauan baik lisan maupun tulisan, bahwa tindakan semacam itu dalam Pemilihan Legislatif adalah tindakan melanggar UU No.7 tahun 2017 Pasal 280 huruf j PKPU No.33 Th.2018 Pasal 69 huruf j.

“Pelaksana, peserta, dan Tim Kampanye Pemilu dilarang menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta kampanye dan sanksi nya diatur dalam UU No.7 Tahun 2017 pasal 521 berupa sangsi Pidana dengan pidana Penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp.24 juta ” Pungkasnya. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here