Beranda Ceremoni Pangdam Tebar Benih Ikan di Bekas Galian C di Purwakarta, Mayjen TNI...

Pangdam Tebar Benih Ikan di Bekas Galian C di Purwakarta, Mayjen TNI Nugroho; 2-3 bulan kedepan boleh dipancing

84
0
Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto beserta jajarannya saat menebar benih ikan di bekas galian C di Purwakarta

Penulis: Red/*

PURWAKARTA,jabarkini.net-Berkunjung ke Kabupaten Purwakarta, Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto tebar 150.000 benih ikan di danau seluas 17 hektare eks galian C, di Desa Cibening, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jumat (11/09/2020).

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menjelaskan, kedatangannya ke Purwakarta merupakan bakti sosial.

“Saya melihat kegiatan para prajurit yang melaksanakan tugas sehari-harinya, dan saya lihat cukup baik. Setelah itu saya menebar benih ikan nila di danau bekas galian,” ucap Mayjen TNI Nugroho Budi di lokasi bakti sosial.

Ia berharap, kedepannya benih ikan yang disebar di danau tersebut bisa menjadi sumber pangan dalam beberapa bulan mendatang. Dalam upaya mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, pihaknya pun memberikan bantuan sembako kepada warga di desa tersebut.

“Kita harapkan dalam 2-3 bulan mendatang ikan itu sudah besar, dan siapapun boleh memancingnya untuk kebutuhan pangan. Kemudian, kami membantu masyarakat kita yang terkena dampak dari pandemi Covid-19,” Katanya.

Sementara Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, pihaknya siap menginventarisir situ-situ bekas galian C di Purwakarta untuk dilakukan pembenahan dan penebaran benih ikan.

“Ada 8 situ eks galian C yang nantinya akan di restocking ikan. Kemudian di pinggiran situ itu akan dimanfaatkan untuk lahan penghijauan,” ujarnya.

Bupati Anne menambahkan, situ-situ tersebut menjadi sumber air ketika musim kemarau tiba, dan nantinya akan menjadi sumber penampungan air ketika musim penghujan.

“Situ-situ ini airnya tidak pernah surut ketika musim kemarau datang karena kedalamannya lebih dari 12 meter. Jadi kedalamannya tidak seperti situ-situ yang sudah ada di Purwakarta,” imbuhnya.(jk2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here