Beranda Jabar Nelayan Pesisir Utara Takut Melaut Akibat Gelombang Tinggi

Nelayan Pesisir Utara Takut Melaut Akibat Gelombang Tinggi

184
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Cuaca buruk  dan gelombang tinggi yang melanda laut Selat Sunda, dalam tiga hari terakhir, nelayan pantai utara Pasir Putih. Desa Sukajaya,  Kecamatan Cilamaya Wetan,  Karawang, takut melaut. Sebab, tinggi gelombang di laut mencapai hingga 3-4 meter.

Salah satu nelayan di pantai Pasir Putih,  Caswan(50)  mengatakan, pada saat cuaca buruk disertai gelombang tinghi seperti ini tangkapan ikan menurun drastis. Sehingga untuk menekan kerugian, nelayan memutuskan untuk tidak melaut. Nelayan yang nekat melautpun,  mereka harus pulang khawatir digulung gelombang.

“Kerugian nelayan yang nekat melaut bertambah besar karena kapal yang mereka tumpangi rusak akibat dihantam gelombang,” kata Caswan,  Selasa (25/12)

Para nelayan baru akan mulai melaut jika kondisi cuaca sudah mulai membaik, Sambung Caswan sampai saat ini sudah beberapa hari nelayan pesisir Karawang,  sudah tidak melaut  perahunya  ditambatkan dimuara sungai.

“Saat ini air laut sudah  pasang, gelombang tinggi hingga 3-4 meter,  apalagi adanya tsunami di selat sunda menambah rasa takut nelayan”katanya.

Dari pantauan di pesisir pantai utara Karawanh,  nelayan sudah tidak melaut sejak dua tiga hari sampai seminggu ini, menunggu cuaca bagus, bahaya mengancam jiwa kalau cuaca seperti ini masih tetap  dipaksakan melaut, sambil menunggu cuaca membaik, para nelayan memanfaatkannya untuk memperbaiki kapal mereka yang rusak akibat dihantam gelombang tersebut.

Caswan mengharapkan pemerintah bisa lebih memperhatikan nasib para nelayan. Sebelumnya BMKG menyatakan, sejumlah daerah di Indonesia masih berpotensi dihantam gelombang tinggi. semisal di Selat Sunda bagian dengan tinggi gelombang kisaran 3 hingga 4 meter.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here