Beranda Jabar Menyambut Datangnya Musim Hujan, Dedi Mulyadi Bersama Warga Dawuan Gelar Ruatan Jagat

Menyambut Datangnya Musim Hujan, Dedi Mulyadi Bersama Warga Dawuan Gelar Ruatan Jagat

191
0

Penulis : Gunawan

SUBANG, jabarkini.net – Mantan Bupati Purwakarta yang juga anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Dedi Mulyadi, hari ini Minggu (3/11/2019), bersama warga di Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang menggelar ruatan jagat mapag hujan.

Dedi Mulyadi yang juga ketua DPD Golkar Jawa Barat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kenduri rakyat. Ini dimaksud sebagai ungkapan terima kasih manusia terhadap sang pencipta yang telah menurunkan hujan setelah sekian lama Subang dilanda kemarau.

Hal lain, sekaligus memastikan kesiapan infrastruktur irigasi dalam menghadapi musim tanam agar air lancar. “Ini sebagai ungkapan rasa syukur kita sebagai manusia kepada sang pencipta, Alloh SWT yang telah menurunkan hujan. Air kan segalanya untuk kehidupan,” ujar Dedi Mulyadi.

Kegiatan ini menampilkan puluhan jenis kesenian tradisional, yang beberapa diantaranya sisingaan, reog, karinding dan sebagainya. Sedikitnya ada 8 kabupaten di Jawa Barat yang dilibatkan diacara ini. Khusus di Kecamatan Dawuan tempat berlangsungnya acara, seni karuhun tersebut diikuti oleh warga di 10 desa yang ada. Diakhir acara, panitia akan menampilkan gelaran wayang golek dengan dalang Dadan Sunandar Sunarya dan lawakan Sule.

Seperti yang terpantau, di lokasi acara sudah ramai dengan para pedagang. Warga dari berbagai daerah pun sudah mulai berdatangan. Jalan raya Dawuan-Subang tempat acara berlangsung juga dijaga ketat oleh aparat keamanan, kepolisian dan Dishub Subang.(jk2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here