Beranda Jabar Massa Kades Kalah Minta Pelantikan Kades Terplih Ditunda

Massa Kades Kalah Minta Pelantikan Kades Terplih Ditunda

191
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Ratusan massa kepala desa yang tak puas atas hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Karawang, melakun aksi demontrasi ke Kantor Bupati dengan membakar keranda mayat dan ban bekas di gerbang kantor Bupati.

Massa dari dua desa yaitu Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, dan Desa Sungai Buntu Kecamatan Pedes, menuntut Pilkades ulang karena massa kades menilai, terdapat kejanggalan dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini. Tak hanya di satu desa, kejanggalan disebut terjadi di beberapa desa.

Mereka di depan gerbang kantor Bupati yang tertutup rapat serta dijaga ketat petugas kepolisian dan Satpol PP, berorasi menyampaikan aspirasinya dan menuntut bertemu dengan Bupati dan para instansi yang membidangi pemerintahan desa.

Dalam unjuk rasa itu, massa membawa spanduk dan poster dengan nada sindiran hingga lugas memprotes. Atas hasil pilkades yang di nyatakan terjadi sengketa yang dilatarbelakangi oleh dugaan kecurangan dan pelanggaran yang dilakukan panitia sebelas.

“Latar belakang aksi masa akibat adanya dugaan kecurangan dan pelanggaran yang dilakukan panitai pilkades, sehingga menjadi bola panas atas kinerja panitia dalam pilkades serentak 11 Seotember 2018 lalu, ” kata koordinator aksi Dadi Mulyadi, Selasa (3/12) saat aksi di depan pemda Karawang.

Koordinator Aksi menilai, ada 9 desa dari 67 desa yang melaksanakan pilkades serentak kecurangan dan pelanggaran yang dilakukan panitia pilkades, sehingga memancing reaksi masyarakat lainnya untuk melakukan protes agar pelantikan kades ditunda hingga ada kekuatan hukum tetap.

“Saya meminta Bupati, untuk menunda pelantikan kades yang masih menyisakan sengketa sebelum proses ligilasi diterima semua pihak, ” katanya.

Aksi massa kades dua desa yang tidak puas atas hasil pilkades serentak tersebut, mendapat pengawalan ketat dari Polres Karawang dan Satpol PP untuk menjada kericuhan. Sementara perwakikan massa tidak diterima Asda 1 sebagai Panitia pilkades tingkat kabupaten, namun menuju gedung rakyat DPRD Karawang.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here