Beranda Jabar Lembaga Konsumen Kritik Kebijakan Bupati

Lembaga Konsumen Kritik Kebijakan Bupati

143
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Surat Edaran Bupati Karawang tentang himbauan pembayaran rekening listrik pasca bayar tepat waktu ramai dipergunjingkan para warganet di media sosial.

Surat Edaran dengan Nomor : 973/7967/Bapenda tersebut, namun dari hasil pemantauan di media sosial tak sedikit netizen yang membagikan kembali postingan bergambar Surat tersebut dengan beragam tanggapan.

Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen (BPK) Kabupaten Karawang , Wawan Gunawan angkat bicara atas kebijakan yang dikeluarkan oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadianna tersebut.

Menurutnya, Bupati Karawang selain telah melanggar UU No. 8 /1999 tentang Perlindungan Konsumen juga telah melanggar konstitusi negara.Pasalnya, ada hak sebagai warga negara yang di ambil paksa oleh Bupati dengan dikeluarkannya surat edaran tersebut.

” Seharusnya pemimpin daerah memberikan perlindungan dan rasa nyaman kepada warga masyarakat yang notabene merupakan pelanggan PLN Pasca Bayar,” kata Wawan, Kamis (3/12) saat dimintai tanggapannya.

Dia menegaskan, masyarakat Karawang kan itu jelas hampir keseluruhannya merupakan pelanggan PLN baik yang pra bayar maupun pasca bayar, sehingga jelas ada kegaduhan mengingat Bupati yang seharusnya melindungi hak warganya sebagai konsumen justru malah seolah membedakan mana pengguna PLN pasca dan pra bayar.

Ditegaskan Gunawan, yang jelas terkait Surat Edaran tersebut bukanlah hukum, sehingga tidak perlu juga dipatuhi baik oleh Camat maupun Kepala Desa/Kelurahan.

“Itu hanya surat himbauan dan bukan aturan hukum, camat lurah maupun kepala desa tidak perlu mengikuti, tidak apa-apa,” pungkasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here