Beranda PURWAKARTA KPU Purwakarta Rakit Belasan Ribu Kotak Suara Pemilu 2019

KPU Purwakarta Rakit Belasan Ribu Kotak Suara Pemilu 2019

124
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Kotak suara untuk Pemilu 2019 mulai dilakukan perakitan oleh
Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tiap daerah. Tak terkecuali di Kab Purwakarta, KPU setempat pun mulai melakukan perakitan sekitar 13 ribu kotak suara yang terbuat dari bahan duplek tersebut.

“Jumlah kotak suara 13ribuan kotak suara, dengan jumlah yang merakit hari ini jumlahnya 26 orang,” kata Ketua KPUD Purwakarta, Akmad Ikhsan, saat ditemui di kantornya, Jalan Flamboyan, Nagri Kaler, Purwakarta. Rabu (20/2/2019).

Dia menyebut bahwa seluruh petugas perakit kotak suara itu berasal dari warga sekitar tempat penyimpanan.

“Untuk teknis kami telah memberikan informasi terkait cara maupun SOP perakitan kotak suara tersebut,” ujarnya.

Ikhsan mengatakan pihaknya memiliki target akan hal waktu perakitan kotak suara yang akan digunakan untuk pemilu serentak 2019 nanti.

“Terkait berapa hari, kami targetkan sampai selesai semuanya itu tiga hari. Ada kemungkinan ditambah petugas perakitnya,” ucapnya.

Terkait tata cara dan SOP saat merakit kotak suara, jelas Ikhsan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya ialah merakit kotak suara jangan asal-asalan, hingga harus melaporkan kepada petugas KPU jika menemukan kotak suara yang rusak.

Pada hari pertama perakitan pun, Ikhsan mengaku belum menemukan kotak suara yang rusak.

Pihaknya akan menginventarisir kotak suara yang rusak pada hari terakhir perakitan, atau jika telah semua kotak suara dirakit.

“Sejauh ini belum ada yang terpantau rusak, tapi nanti akan dilihat dan diinventarisir di akhir hari perakitan,” ujarnya.

Ikhsan menjelaskan bahwa jika ada kotak suara yang rusak, KPU Purwakarta akan membuat laporan kepada KPU Provinsi maupun pusat.

“Hal itu dilakukan agar kotak suara yang rusak bisa segera diganti dengan kotak suara yang memiliki kondisi baik dan laik digunakan,” ungkapnya.

Ikhsan mengatakan bahwa pemilihan tempat perakitan yang berada di bagian dari kantor Disporabudpar Purwakarta itu pun karena dinyatakan lebih laik.

“Di GOR ini jadi pertimbangan tempat penyimpanan dan perakitan karena insyaallah sudah memenuhi syarat, seperti tidak kehujanan, lembab atau lainnya,” pungkasnya. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here