Beranda Jabar KPU Lakukan Sosialisasi dan Monitoring Pelaksanaan Regulasi Pemilu

KPU Lakukan Sosialisasi dan Monitoring Pelaksanaan Regulasi Pemilu

198
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Ketua KPU Karawang,  Miftah Farid mengatakan tahapan Pemilu Nasional 2019 perlu disikapi oleh KPU secara cermat, terutama dengan mulai melakukan monitoring dan pengawasan regulasi kepemiluan untuk mempermudah KPU  dan PPK dalam memahami regulasi pelaksanaan kepemiluan tersebut.

“Saat ini kita sudah melaksankan tahapan Pemilu  2019. Oleh sebab itu, untuk membantu kita dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu tersebut, penting bagi kita untuk mulai mengklasifikasi dan mengupdate peraturan kepemiluan terbaru,” ujar  Miftah Farid,  Rabu (12/12) saat acara sosialisasi monitoring dan Pengawasan Regulasi Kepemiluan,  di Britis Hotel Karawang.

Untuk mempermudah, kata Miftah, kita dalam pelaksanaan pemilu harus memahami regulasi tersebut sehingga penyelenggaraan Pemilu di Karawang dapat terlaksana berintegritas, akuntabel, dan tepat hukum.

“Dengan memahami regulasi kepemiluan secara utuh, diharapkan setiap kebijakan yang diputuskan memiliki dasar hukum yang kuat dan dapat kita pertanggungjawabkan,” imbuhnya.

Arahan yang disampaikan, kepada penyelenggara pemilu ditingkat penyelenggara pemilu dan parpol peserta pemilu ini memang sangat urgen untuk segera diterapkan mengingat regulasi kepemiluan seringkali berubah, oleh sebab itu penting untuk segera melakukan kajian secara komprehensif untuk mendapatkan kesepahaman bersama terkait dengan perubahan-perubahan tersebut.

Sebagaimana diketahui, kata Miftah,  Pemilu 2019 dalam regulasinya berbeda dengan pemilu sebelumnya, tetutama dalam cara menghitung dengan sistem Divisor Sainte Lague,sehingga dipandang perlu untuk dilaksanakan sosialisasi monitoring dan pengawasan dilapangan oleh seluruh penyelenggara pemilu dan parpol.

” Sosialisasi ini dalam pelaksanaannya  dalam menuju tahapan perhitungan dan penetapan hasil pemilu 2019,yang mengacu pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, ” jelasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here