Beranda Jabar Ketua PWI Subang; Wartawan harus mengikuti UKW

Ketua PWI Subang; Wartawan harus mengikuti UKW

135
0

Penulis : Gunawan

SUBANG, jabarkini.net – Ketua PWI Jawa Barat, H Hilman Hidayat menghimbau, kepada seluruh wartawan untuk memahami undang-undang pers dan sekaligus menjaga kode etik jurnalistik. Ini dimaksudkan agar wartawan bisa profesional dalam menjalankan tugasnya.

Pernyataan ketua PWI Jabar H Hilman Hidayat tersebut disampai saat memberikan sambutan diacara pelantikan pengurus PWI Kabupaten Subang periode 2019-2020 diaula Pemkab Subang, hari ini, Kamis (3/10).

Kepada pengurus PWI Subang yang baru dilantik, dia pun berpesan agar bisa mendorong anggota-anggotanya untuk mengikuti uji kompetensi wartawan. “Ini penting. Jadi jangan mengaku wartawan kalau belum dinyatakan kompeten,” ujarnya.

Uji kompetensi wartawan (UKW) sendiri lanjut dia, merupakan pengakuan tertulis dari Dewan Pers. Di UKW, para wartawan diuji, dididik. “Dan tidak sesederhana yang dibayangkan untuk mendapatkan pengakuan kompeten. Maka bisa saja peserta dinyatakan tidak lulus,” katanya.

Pelantikan pengurus PWI Kabupaten Subang ini berdasarkan surat keputusan nomor: 074-PKU/PP-PWI-2019. Pengurus PWI Subang periode 2019-2020 kembali menetapkan H Nano Suwarno sebagai ketua. Ini keduakalinya H Nano dipercaya sebagai ketua PWI Subang setelah floor mengaklamasinya dalam konfrensi PWI Subang yang telah dilaksanakan sebulan lalu.

Acara pelantikan tersebut dihadiri para anggota dan pengurus PWI Jabar serta wakil Bupati Subang, Agus Masykur, Sekda Aminudin dan sejumlah pimpinan di OPD Pemkab Subang.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur dalam sambutannya mengapresiasi dilaksanakannya pelantikan ini. Dia pun berharap, PWI bisa menjadi wadah dan sekaligus jalan untuk para wartawan dalam membangun profesionalismenya. “Melalui kegiatan ini saya berharap, PWI bisa menjadi wadah sekaligus jalan untuk membangun profesionalisme para wartawan dengan memahami undang-undang dan kode etik jurnalistik,” katanya. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here