Beranda Jabar Ketua DPRD Karawang, Minta Pemda Mencari Solusi Atasi Krisis Air Bersih

Ketua DPRD Karawang, Minta Pemda Mencari Solusi Atasi Krisis Air Bersih

136
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, jabarkini.net – Kekeringan terjadi di wilayah Karawang, sehingga masyarakat mengalami krisi air bersih yang berkepanjangan ,Ketua DPRD Karawang , Toto Suripto mengaku sangat prihatin dengan kondisi krisis air bersih yang melanda sebagian warga di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Ciampel, Kecamatan Pangkalan dan Kecamatan Tegalwaru. Apalagi kondisi itu rutin terjadi saat kemarau panjang.

Politikus PDIP itu meminta Pemkab Karawang berpikir keras untuk mencari solusi permanen atas persoalan krisis air yang selalu terjadi setiap musim kemarau tersebut.

Maksud Ketua DPRD Karawang, jangan sampai kebutuhan air bersih warga saat kemarau hanya mengandalkan distribusi bantuan semata tapi harus mencari solusi , sehingga saat kemarau tiba masyarakat tidak lagi kesulitan air bersih.

“Sudah saatnya Pemkab memprioritaskan masalah ini untuk diselesaikan. Kita tidak boleh membiarkan ini berlangsung terus menerus. Harapan saya bisa ada solusi permanen atas persoalan tersebut,” kata Ketua DPRD Karawang, saat memberikan bantuan air bersih kepada warga Desa Kutanagara , Minggu (21/10).

Toto menilai ada dua solusi yang bisa ditempuh Pemkab untuk mengatasi krisis air bersih. Opsi pertama mencari sumber air tanah untuk dibuat sumur artesis. Opsi kedua membuat jaringan air bersih ke kawasan wilayah yang kerap berdampak krisis air bersih.

“Saya sedari awal sudah ngomong, buatkan grand design solusi permanen atas masalah air bersih ini. Masa hampir setiap tahun masyarakat yang berdampak masih krisis air, ini kan memalukan,” sambung dia.

Toto berharap tidak ada lagi alasan yang selama ini disampaikan eksekutif yaitu keterbatasan anggaran daerah.Karena kalau Pemerintah ada kemauan , Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai pengelola kebutuhan air untuk masyarakat.

“Kalau mau melangkah saja sudah ragu-ragu mana bisa tuntas. Harus lebih visioner, dan berani,” tegasnya.

Di sisi lain, bantuan air bersih untuk warga Tiga kecamatan yang mengalami krisi air bersih terus mengalir. Kali ini 9 tangki air bersih serta dengan 45 ribu liter dikirim dari PDAM Tirta Tarum Karawang atas permintaan wakil rakyat.

Bantuan disalurkan ke dua lokasi berbeda di Kecamatan Ciampel yaitu Desa Parungmulya dan Desa Kutanagara.

“Ini aksi kesekian kalinya .Tidak menutup kemungkinan akan ada aksi-aksi lanjutan kalau masih diperlukan,” ujar Toto .

Toto Suripto menjelaskan Kebutuhan air adalah kebutuhan pokok dan mendasar. Kami harapkan Pemda punya kontribusi dalam menangani masalah krisis air ini. Termasuk dalam perencanaan ke depan, bisa dengan sumur atau opsi lain,” tutur dia.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here