Beranda Jabar Kejari Karawang Musnahkan Barang Bukti 112 Kasus

Kejari Karawang Musnahkan Barang Bukti 112 Kasus

141
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang ,memusnahkan barang bukti yang kasus atau perkaranya sudah diputuskan vonisnya oleh Pengadilan Negeri (PN) Karawang dan sudah memiliki vonis berkekuatan hukum tetap.

Dari ratusan berbagai barang bukti yang dimusnahkan oleh ‎‎Kejari Karawang, dengan disaksikan oleh berbagai instansi terkait, barang bukti narkotika jenis shabu-shabu, daun ganja, kepemilikan senjata api, uang palsu, senjata tajam dan kosmetik ilegal yang paling mendominasi dengan jumlah perkara 112 kasus.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang, Rohayatie mengatakan pemusnahan barang bukti yang dilakukan instansinya merupakan kasus yang terjadi sepanjang kurun waktu tahun 2016 hingga 2018 yang sudah diputus perkaranya oleh hakim di tingkat PN Karawang.

‎”Kita melaksanakan ketetapan hakim yang sudah diatur sesuai undang-undang bahwa barang bukti hasil tindak kejahatan yang sudah diputuskan vonisnya di pengadilan harus dimusnahkan untuk mencegah disalahgunakan,” Rohayatie, Kamis (27/12).

Menurutnya, dari berbagai kasus dan perkara yang ditangani oleh PN Karawang kasus narkotika paling banyak sekitar 34 perkara,dengan barang bukti Narkotika jenis ganja 6.255 gram, Sabu 386,395 gram, dengan jumlah perkara 61 perkara,menyusul 4 kasus kosmetik palsu tanpa ijin edar, uang palsu 1 perkara, 7 kasus senjata tajam, dan 5 kasus perkara senjata api.

Ke depan, Ia berharap, bisa mengurangi adanya volume perkara di Kabupaten Karawang yang menyangkut narkotika dan kesehatan.

“Kita selaku jaksa sudah melakukan putusan pengadilan karena memang tujuannya dari penanganan perkara adalah pelaksaan putusan dan pemidanaan terdakwa serta penyelesaian barang bukti sehingga penangan perkara bisa tuntas,” tuturnya.

Pada pemusnahan barang bukti di Kejari Karawang. ini juga disaksikan oleh pihak Polres Karawang, Pengadilan, BNNK, dan Pemerintah Daerah.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here