Beranda Keagamaan Tidak Ada Pemberangkatan Haji Tahun Ini, Calhaj Bisa Ambil Kembali Uangnya

Tidak Ada Pemberangkatan Haji Tahun Ini, Calhaj Bisa Ambil Kembali Uangnya

16
0

Penulis: Red/*

PURWAKARTA,jabarkini.net-Pasca diumumkannya pembatalan pemberangkatan ibadah haji tahun 2020 oleh pemerintah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Subang, Jawa Barat, melakukan sosialisasi dengan mengundang seluruh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di Purwakarta, Rabu (3/6/2020).

Dalam sosialisasi tersebut kepala Kemenag Purwakarta, Tedy Ahmad Jaelani menjelaskan, terkait dengan pembatalan ini para jamaah calon haji (calhaj)yang batal berangkat dapat mengambil kembali uang pelunasan haji yang telah dibayarkan, tanpa harus takut kehilangan antrian masa tunggu keberangkatan haji.

“Jika memang mau diambil kembali silahkan. Jangan takut. Soalnya meskipun diambil tidak akan menggugurkan antrian daftar tunggu,” ujar Tedy.

Disarankan, bagi jamaah calhaj yang mau mengambil kembali uang pelunasan hajinya, untuk terlebih dahulu datang ke Kantor Kemenag Purwakarta dan memastikan kalau uang pelunasan itu diambil. “Nanti kami siapkan bagaimana prosedur pengambilannya,” ucapnya.

Diketahui, pembatalan pemberangkatan haji tahun 2020 ini berdasar pada Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020 dan merujuk pada permasalah pandemi covid-19. Selain itu, pihak Arab Saudi pun sampai saat ini belum membuka ruang untuk kedatangan jamaah haji.

Lebih lanjut Tedy menjelaskan, jumlah calon jamaah haji di Kabupaten Purwakarta tahun 2020 ini sebanyak 758 orang, 710 diantaranya telah melunasi pembayaran ongkos haji.

“Pembatalan ini merupakan kekhawatiran akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Soalnya kan, sekarang lagi pandemi corona,” imbuhnya.

Kendati pihak Kemenag telah mempersilahkan para jamaah untuk melakukan pengambilan kembali uang pelunasan hajinya, namun sampai saat ini belum ada satupun calon jamaah yang melakukan pengambilan.(jk2)

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here