Beranda Jabar Kartu Nikah Belum Berlaku di Karawang

Kartu Nikah Belum Berlaku di Karawang

202
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Sebaran kartu nikah yang berbentuk seperti ATM akan terus diperluas oleh Kementerian Agama (Kemenag). Targetnya 1 juta kartu dimiliki pengantin baru di Indonesia hingga akhir tahun ini.
Program mengganti buku nikah menjadi kartu nikah yang dicanangkan Kementerian Agama, sejak diluncurkan bulan November 2018 lalu belum dapat direalisasikan di Kabupaten Karawang.

Pasalnya,  Kementerian Agama masih melakukan percontohan dengan menunjuk lima kabupaten/kota yang ada di Propinsi Jawa Barat sebagai pilot project program Kartu Nikah yang merupakan bagian dari penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah).

“Untuk program kartu nikah di Karawang,  belum direalisasikan,  masih menunggu projek percontohan dibeberapa daerah, “kata Kepala Kantor Kementerian Agama Karawang H. Sofyan, Selasa (2/1).

Menurutnya, saat ini kartu nikah masih dilakukan program percontohan di 5 kabupaten kota di Jawa Barat. Dan jika di lima Kabupaten/Kota ini berhasil maka kartu nikah ini akan diterapkan diseluruh wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten Karawang.

“Saat ini Kabupaten Karawang belum ya, karena Kementerian baru melakukan percontohan di lima kita saja diantaranya Bekasi, Bogor, , Bandung,Depok dan Sukabumi,” paparnya.

Sofyan mengatakan, selain pengantin baru, masyarakat yang sudah menikah juga bisa menyusul mendapatkan kartu yang didesain dengan ukuran sebesar ATM itu.

“Jadi mereka-mereka yang belum mendapatkan kartu nikah dan sudah nikah, dan datanya ada, itu bisa mendapatkan kartu nikah,” ujarnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here