Beranda Jabar Kampung Budaya Terkesan Kumuh Tak Terurus

Kampung Budaya Terkesan Kumuh Tak Terurus

197
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Kampung Budaya sebagai lokasi wisata budaya sunda yang didirikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang, di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang, yang selama ini menjadi tempat kegiatan untuk mengembangkan para seniman serta melestarikan budaya khas Sunda,

Namun demikian, rumah-rumah khas adat Sunda tetkesan kumuh dan tidak terawat. Sejumlah rumah khas Sunda yang terbuat dari bambu dengan atap injuk lapuk dimakan usia, sepertinya dibiarkan tanpa ada perawatan dan perbaikan untuk memperindah pemandangan sehingga dapat menarik pengunjung.

“Pada dasarnya konsep kampung budaya yang menelan biaya milyaran, merupakan kampung bernuansa khas Sunda dengan berbagai fasikitas didalam, ” kata Wakil Ketua DPRD Karawang, Sri Rahayu Agustina, Sabtu (1/12).

Sri menyanyangkan dengan sarana dan prasarana yang ada seperti saluran air banyak sampah berserakan , sarana launnya rumah khas sunda dan gazebo sudah banyak yang rapuh terkesan kumuh.

“Dengan biaya yang besar kondisi kampung budaya terkesan kumuh dan tak terurus, ” katanya.

Untuk itu, Ia mendorong Dinas terkait untuk memperhatikan Kampung Budaya sehingga kesan kumuh tidak lagi terlihat dengan cara merovasi sejumlah bangunan yang sudah lapuk dimakan usia. Dinas terkait segera mengangarkan revitalisasi rumah-rumah khas Sunda.

“Kita dorong pihak pengelola dan Dinas terkait untuk merevitalisasi bangunan yang rusak, ” tandasnya.

Sementara, kampung budaya dirancang, merupakan tempat destinasi wisata para seniman lokal untuk berekpresi dan berkarya karena tempat ini dirancang khusus untuk seniman dan masyarakat umum dalam melestarikan kesenian khas sunda dan tujuan wisata seni trasidional.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here