Beranda Jabar Kajari Karawang, Tetapkan Kades Pancawati Tersangka Korupsi Dana Desa

Kajari Karawang, Tetapkan Kades Pancawati Tersangka Korupsi Dana Desa

280
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Peringatan Hari Korupsi sedunia,  Kejaksaan Negeri Karawang. menetapkan  kepala desa Pancawati berinisial AAP dalam kasus penyelewengan dana desa.yang bersangkutan diduga telah menyelewengkan dana desa untuk keoentingan pribadi.

” Kades berinisial AAP sudah kami tetapkan sebagai tersangka sejak Jum”at kemarin  karena dari hasil pemeriksaan telah menyelewengkan dana APBD 2016 yang sumber dana dari Dana Desa. Alokasi Dana Desa,” kata Kejari Karawang,  Nurhayatie,  Senin, (10/12) saat peringatan Hari Korupsi sedunia.

Ia menjelaskan walaupun sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun keduanya belum ditahan oleh penyidik karena belum dianggap perlu untuk penahanan.Selain kades juga ada dua staf desa yang masih terperiksa.

Pemeriksaann sudah dilakukan sejak adanya temuan pengelolaan keuangan desa yang digunakan untuk kepentingan pribadi, jumlah kerugian dimungkinkan  akan bertambah karena masih dalam penyelidikan setelah akan dilakukan pemeriksaan lanjutan.

“Kades  dan dua oranh akan kembali dilakukan pemeriksaan. Namun keduanya belum ditahan oleh penyidik,”tegasnya.

Mengenai jumlah dana yang disalahgunakan kades Pancawati, Kajari mengatakan kurang lebih mencapai Rp 290 juta dana desa yang disalah gunakan yang dismpan dalam rekening pribadi kades yang berasal dari Dana Desa,  sementara dalam APBDes Desa Pancawati berjumlah Rp 1.7 milyar yang bersumber dari APBN dan APBD Propinsi dan Kabupaten.

“Kades terlibat indikasi korupsi penyelewengan dana desa,dijerat dengan undang-undang korupsi, ” pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here