Beranda Jabar Jelang Imlek, Kelenteng Hiap Thian Kiong Lakukan Bersih-Bersih

Jelang Imlek, Kelenteng Hiap Thian Kiong Lakukan Bersih-Bersih

245
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Menjelang perayaan tahun baru Imlek, warga keturunan Tionghoa  di Karawang,  melakukan bersih-bersih Tempat Ibadah  Vihara Dharma Prasada  atau kelenteng Hiap Thian Kiong  di Jalan Nagasari, Karawang Barat,  Rabu (30/1).

Pengurus kelenteng Vihara Dharma Prasada, Yen Mei mengatakan menjelang Cap Go Meh atau tahun baru seluruh ruangan dibersihkan, setelah sebelumnya minta ijin kepada dewa, bersih-bersih kelenteng dan patung dewa dewi  digelar dalam rangka menyambut perayaan tahun baru Imlek  2579/2019.

“Pembersihan ini sebagai bentuk penghormatan kepada dewa-dewi menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2579/2019,” kata Yen Mei,  Kamis (31/1)

Selain altar, puluhan patung dewa dewi atau rupang juga dibersihkan.  Tidak terkecuali patung Thian Shang Senmu atau Dewi Samudera yang menjadi tuan rumah kelenteng tersebut, juga dibersihkan.

“Sekitar 37 patung dipindah dari altar untuk dibersihkan dari debu menggunakan kuas dan dilap dengan kain dan air teh,” jelasnya.

Adapun dewa utama yang dibersihkan pertama adalah dewa tuan rumah yakni Dewa Bumi, kemudian pendampingnya Dewa Welas Asih dan Dewa Laut.

Lebih lanjut, Ia berharap pada tahun depan yang merupakan tahun babi, semua warga diberikan kesehatan dan kebaikan. Bertepatan dengan tahun politik seperti sekarang ini,  dia berharap perbedaan yang ada tidak menjadikan permusuhan. Sehingga kondisi negara aman, masyarakat hidup tentram.

“Imlek tahun ini akan memasuki tahun shio Babi Tanah Liat, yang diharapkan menjadi tahun kebaikan bagi masyarakat, dan bangsa Indonesia pada umumnya,” pungkasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here