Beranda Jabar Jelang Arus Mudik Lebaran, Tim Gabungan Polres Purwakarta Gelar Ramp Check Kendaraan...

Jelang Arus Mudik Lebaran, Tim Gabungan Polres Purwakarta Gelar Ramp Check Kendaraan Angkutan Penumpang Umum dan Barang

134
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Dalam rangka menjelang PAM dan Arus mudik Lebaran 2019, Polres Purwakarta bekerjasama PT Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan Kab Purwakarta laksanakan RAMP CHECK ( Pemeriksaan Laik Jalan Kendaraan Angkutan Penumpang Umum dan Barang ) di Pertigaan Ciganea/Gerbang Tol Jatiluhur, Minggu (26/5/2019) pagi.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kondisi pengemudi dan kelaikan kendaraan, mengingat keselematan penumpang terletak di kondisi pengemudi dan kendaraannya.
Khusus untuk cek kelayakan kendaraan, hal tersebut tak kalah penting karena akan diberlakukannya One Way di dalam Tol dari arah Jakarta menuju Jawa atau pun Bandung, Otomatis kendaraan rute Jakarta – Bandung akan menggunakan jalan Arteri di wilayah kab Purwakarta.

”Seperti kita ketahui, Jalan Arteri Purwakarta ini memiliki kontur jalan tidak rata atau banyak terdapat jalan menurun, tanjakan terjal dan tikungan tajam, untuk itu sangat diperlukan kondisi prima pengemudi dan kelaikan kendaraannya” ujar Kapolres.

Dari pantauan JabarKini.net dilokasi, Sejauh ini dari pelaksanaan rame chek belum ditemukan permasalahan dari kelayakan kendaraan, pengecekan tersebut difokuskan pada administrasi teknis dan penunjang lainnya. Secara rinci berkaitan dengan administrasi adalah SIM Umum, STNK, Surat Tanda Uji Kelayakan (STUK) dan kartu pengawasan. Sedangkan unsur teknis meliputi unsur penerangan, sistem pengereman, kelayakan dan depan dan belakang.

Selanjutnya unsur penunjang yaitu pengukuran kecepatan atau spedometer, sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), kaca spion dan klakson.

”Namun tidak menutup kemungkinan menjelang hari H lebaran akan keluar kendaraan kendaran yang jarang digunakan, contohnya kendaraan khusus karyawan digunakan menjadi angkutan antara kota/provinsi, atau kendaraan rental yang selama ini jarang digunakan tapi karena tinggi nya permintaan sewa kemudian kembali digunakan” jelas Matrius.

Dengan pengecekan tersebut, Kapolres berharap alat transportasi umum yang digunakan itu cukup layak membawa para pemudik, tentunya juga diharapkan dapat menekan terjadinya angka kecelakaan lalu lintas.

“Jangan terlalu percaya dengan orang yang baru dikenal, mereka kadang menggunakan berbagai modus untuk mengelabui penumpang lain, modusnya macam-macam, pokoknya saya harap pihak armada bisa membantu dan melindungi penumpangnya dari ancaman kejahatan, Sehingga lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” tutur Matrius. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here