Beranda Jabar Ini yang Diharapkan Warga Cikareo disaat Kesulitan Air Bersih, DAHANA Beri Bantuan...

Ini yang Diharapkan Warga Cikareo disaat Kesulitan Air Bersih, DAHANA Beri Bantuan Pompa Air

13
0

Penulis: Erlan

SUBANG, Jabarkini.net – Musim kemarau yang panjang mengakibatkan beberapa daerah mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih. Debit air menurun tajam, bahkan air hilang tidak berbekas. Kondisi ini dialami juga oleh penduduk Dusun 3 Cikareo, Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo, Subang.

Suhaya, Ketua RT 17 menuturkan, tidak semua rumah dapat memenuhi kebutuhan air bersih, terkadang jika sumur sudah mengering, mereka memanfaatkan air sungai.

“Ya kalau air habis, biasanya pada nyari kemana saja, sebagian ada yang memanfaatkan air sungai Cilamatan,” terang Suhaya.

Sebelumnya, jika warga terkendala air di rumahnya, biasa memanfaatkan air bersih yang tersedia Dusunnya, dimana terdapat fasilitas sumber air yang disalurkan kesetiap rumah. Sumur bor ini dalamnya sekitar 85 meter, kemudian dipompa dan ditampung pada sebuah tangki air berukuran 10.000 liter, kemudian air pun disalurkan ke rumah warga. Ada sekitar 80 rumah yang memanfaatkan sumber air ini.

Namun, sayangnya hampir satu tahun air tidak lagi mengalir ke rumah warga, mesin pompa air mati karena rusak. Kesulitan air pun kini semakin terasa karena memasuki musim kemarau. Hal tersebut dibenarkan oleh Muslih, Kepala Dusun 3 Cikareo.

“Sudah hampir satu tahun mesin pompanya rusak, jadi tidak tersedia air, dan parahnya sekarang musim kemarau,” terangnya.

Pada akhirnya kesulitan yang tengah dialami warganya ini disampaikan kepada PT DAHANA (Persero) yang lokasinya bersebelahan dengan Dusun Cikareo. Permintaannya pun akhirnya dipenuhi oleh DAHANA. Melalui Unit PKBL, DAHANA langsung memberikan bantuan fasilitas berupa mesin pompa air.

“Alhamdulillah, DAHANA langsung memberikan bantuan pompa air kepada kami,” pungkas Muslih.

Untuk membantu menyediakan air bersih, PT DAHANA (Persero) melalui Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) menyerahkan bantuan berupa mesin pompa air. Bantuan ini diserahkan langsung Ketua PKBL DAHANA Eman Suherman kepada Kepala Dusun 3 Cikareo Muslih pada Jumat 19 Juli 2019.

Eman menuturkan keprihatinan atas lambatnya permohonan yang disampaikan kepada DAHANA, “Permohonan ini baru disampaikan kepada DAHANA beberapa hari yang lalu, padahal pompa rusak sudah delapan bulan yang lalu,” ungkapnya. “InsyaAllah akhir pekan ini pompa air sudah terpasang,” imbuhnya.(jk3)

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here