Beranda Hukrim Proyek Kandang Ayam di Purwadadi Menuai Kritik

Proyek Kandang Ayam di Purwadadi Menuai Kritik

6
0
Penampakan lahan dimana proyek kandang ayam di Desa Parapatan, Kecamatan Purwadadi, Subang.

Penulis: Herdi/*

SUBANG,jabarkini.netProyek pembangunan bakal kandang ayam di Dusun Kalipace, Desa Parapatan, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang menuai kritik.

Bukan tanpa alasan, sebab kabarnya, perusahaan yang nantinya akan memproduksi ayam pedaging itu belum mengantongi ijin, seperti ijin usaha, IMB, kajian Imbal dan sebagainya–sementara proyek pembangunan terus berjalan.

Hal yang lebih miris, perusahan tersebut berbadan hukum apa (CV/PT), tidak ada yang mengetahui. Pun demikian dengan kepala Desa Parapatan, Wade. Dirinya mengaku tidak tahu jenis badan hukum apa yang digunakan perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu, bahkan Wade pun mengungkapkan, sejauh ini pihak perusahaan belum pernah menemuinya dalam rangka mengurus administrasi perijinan.

“Paling yang sudah dikirim itu baru sebatas ijin lingkungan. Untuk administrasi lainnya belum ada,” ujar Wade saat berbincang bersama kontributor berita jabarkini.net, Herdi, melalui sambungan telepon, Senin (29/6/2020).

Maunya Wade, pihak perusahaan segera menemuinya dan mengurus administrasi perijinan.

“Kalau maunya saya mah, perusahaan itu datang dulu lah ke desa, biar sama-sama enak. Terutama saya sebagai kepala desa tidak menjadi bahan kecurigaan orang,” ungkapnya.

Sekedar informasi, proyek bakal kandang ayam itu saat ini masih tahap pembangunan. Proyek tersebut berada diradius kurang lebih 200 meter dari pemukiman warga.

Menurut informasi, proyek bakal kandang ayam tersebut milik seorang anggota DPRD Kabupaten Subang.

Sementara itu ketua LSM Perintis, Tito Utoyo menyebut, keberadaan kandang ayam (skala perusahaan) disekitar pemukiman warga melanggar UU No. 32 Tahun 2009 Tentang Lingkungan Hidup.(jk2)

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here