Beranda Jabar Harga Cabai di Pasar Tradisional Merangkak Naik

Harga Cabai di Pasar Tradisional Merangkak Naik

251
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Harga cabai merah di pasar tradisional Cikampek,kembali merangkak naik hingga mencapai Rp 40.000 per kilogram,padahal sebelumnya hanya pada kisaran Rp.30.000 perkilogram.Naiknya harga cabai merah terjadi karena pasokan dari petani berkurang akibat faktor cuaca.

“Harga cabai merah dan cabai rawit terus merangkak naik pada akhir tahun 2018 yakni mencapai Rp 40.000 perkilogram, sedangkan untuk cabai rawit campuran merah dan hijau sekitar Rp 30.000 per kilogram,” kata  Nurhayati, pedagang sayur mayur di pasar tradisional Cikampek,Rabu (26/12).

Menurutnya, harga cabai merah pada November berkisar Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per kilogram dan kenaikan terjadi sejak memasuki musim penghujan secara perlahan-lahan mulai naik,hingga tembus Rp 40.000 per kilogram pada akhir tahun minggu ini.

“Naiknya harga  cabai merah dan cabai rawit akibat stok cabai di pasar menipis karena masih banyak petani yang belum panen, sementara permintaan masyarakat dengan cabai tersebut cenderung stabil,” katanya.

Ia memperkirakan harga cabai akan terus melonjak karena curah hujan di wilayah produsen cabai seperti Garut dan wilyah Jawa Tengah cukup tinggi berdampak pada pasokan cabai dan  persediaan cabai di pasaran juga terbatas.

“Diprediksi harga cabai akan terus naik hingga awal tahun, ” pungkasnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here