Beranda Jabar Harga Beras Naik, Dipasar Induk Johar Karawang

Harga Beras Naik, Dipasar Induk Johar Karawang

567
0

Penulis : Asep NK

KARAWANG, Jabarkini.net – Harga beras di pasar induk beras Johar, Karawang, naik baik beras dengan kualitas premium, medium maupun yang berkualitas rendah, kenaikan harga beras menurut pedagang ada kenaikan harga beras ditingkat penggilingan untuk semua jenis beras berdasarkan tingkat kualitasnya.

Pedagang beras “HPD” , Joy untuk rata-rata harga beras dengan kualitas medium dan premium dan kulaitas rendah naik sekitar Rp500 perkilogram , jika dibandingkan bulan sebelumnya.Kenaikan harga beras tersebut sejalan dengan adanya kenaikan harga Gabah Kering Panen (GKP) dan Harga Kering Giling (GKG) baik ditingkat penggilingan maupun petani.

“Dalam sebulan terakhir semua jenis beras naik Rp500 perkilogram, penyebabnya harga Gabah Kering Giling naik ditingkat petani,” kata Joy, Jum’at (7/12)

Joy menjelaskaan harga beras saat ini, untuk beras Premium dari sebelumnya Rp 10.000 perkilogram kini menjadi Rp 10.500 perkilogram dan beras jenis medium menjadi Rp 9.500 perkilogram dari sebelumnya Rp 9.000 perkilogram.

“Dampak situasi harga beras naik, penjualan beras masih terbilang stabil,” katanya.

Sementara , Jali pemasok beras asal Cikampek mengaku harga gabah kering giling ditingkat petani naik menjadi Rp.5.500 perkilogram dari sebelumnya Rp.4.500 perkilogram. Sesudah menjadi menjadi beras cuma dibeli pedagang beras Johar sekitar Rp 9.200 perkilogram sedangkan modal produksi hingga diangkut ke pasar Rp.10.000 perkilogram.

“Gabah kering giling naik dan langka di tingkat petani , kebutuhan gabah tinggi sedangkan stok di petani langka yang membuat gabah naik,” tutupnya.(jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here