Beranda Jabar Hadapi Cuaca Extrim, Dandim 0619 Purwakarta Siagakan Babinsa Di Tiap Wilayah

Hadapi Cuaca Extrim, Dandim 0619 Purwakarta Siagakan Babinsa Di Tiap Wilayah

214
0

Penulis : Wezz

PURWAKARTA, JabarKini.net – Memasuki musim penghujan, seluruh Bintara Pembina Masyarakat (Babinsa) yang berada dibawah komando Kodim 0619 Purwakarta diminta siaga untuk memantau dan melaporkan situasi wilayah binaan dari ancaman bencana longsor.

Dikatakan Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho, semua Babinsa diminta terus bekerja sama dengan aparat Desa serta elemen masyarakat di wilayah apabila disaat hujan deras dan terjadi tanah longsor, banjir atau kejadian lainnya maka bisa segera diambil tindakan penanganan cepat dan tepat sesuai kejadian dilapangan.

“Khususnya diwilayah-wilayah yang rawan terjadi tanah longsor dan banjir sesuai peta situasi di Koramil masing-masing agar diantisipasi karena bisa saja terjadi pada puncak musim hujan di bulan Desember nanti,” kata Yogi, saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (12/11/2018).

Selain itu, lanjut dia, agar para Babinsa terus mengingatkan warga binaannya terutama yang rumahnya dibangun di bagian lereng diminta supaya lebih berhati-hati, karena dikhawatirkan hujan deras menyebabkan longsor dan banjir.

“Tak hanya mengingatkan masyarakat yang yang berada di daerah potensi bencana longsor, saya juga perintahkan para Babinsa yang berada di lokasi yang berpotensi bencana, untuk melakukan pengumpulan data lokasi yang rawan berdampak bencana tanah longsor dan banjir,” ujar Yogi.

Ia menambahkan, ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya bahaya tanah longsor dan banjir.

“Para Babinsa lakukan Komsos secara aktif, mengingatkan bagi warga masyarakat waspadai cuaca ekstrem musim hujan pada bulan Desember. Lakukan tindakan cegah dini untuk menghindari korban yang besar,” pungkasnya. (jk3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here